Jadi Pembicara Seminar Nasional, Kaharuddin Sampaikan Peluang dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab

10 November, 2023 oleh
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Kaharuddin Ramli, dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab IAIN Parepare, menjadi narasumber pada Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin yang bertempat di Gedung PPG Madani Kampus 3 UIN Alauddin, Rabu (08/11/2023).


Seminar nasional yang mengusung tema "Peluang  dan Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital" tersebut mengundang Kaharuddin mengingat keilmuan dan kepakarannya di bidang Pendidikan Bahasa Arab.


Dalam materinya, Kaharuddin menguraikan terkait peluang dan tantangan terkini pembelajaran bahasa Arab. "Peluang berarti ruang gerak untuk memanfaatkan kesempatan mencapai tujuan. Bisa berupa lapangan pekerjaan, bantuan beasiswa, kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi. Sedangkan, tantangan dapat diartikan sebagai hal yang perlu diatasi dan ditanggulangi. Misal, peluang ASN untuk formasi bahasa Arab masih kurang, keberadaan bahasa ammiy, dan problematika dalam belajar bahasa," papar Kaharuddin. 




Ia juga menekankan tentang unsur-unsur dasar pembelajaran bahasa Arab yang masih relevan untuk dikuasai seperti mufradat, tata bahasa, latihan pengucapan. "Minimal 1500 kosakata yang dikuasai. Kosakata itulah yang nanntinya membantu dalam penyusunan kalimat. Latihan (pengucapan dan kosakata) itu sebenarnya dapat menimbulkan rasa bahasa," tuturnya. 


Terakhir, Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab yang juga merupakan Sekretaris Senat IAIN Parepare ini membagi kiat belajar dan menguasai kemahiran berbahasa Arab. "Perbaiki niat dan mental, siap materi atau biaya belajar, perbaiki mindset, miliki motivasi dan target belajar, kreatif dalam memperoleh informasi, dan kuasai sistematikan materi belajar," tegasnya. (mm/mif)

di dalam Berita
muajizmuallim 10 November, 2023