Jajaki Sistem Penjaminan Mutu Berbasis ISO 9001, LPM Benchmarking ke UNDIPA Makassar

12 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare_Tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melakukan studi banding ke Universitas Dipanegara (UNDIPA) Makassar, Kamis (09/03/2023).

Tim LPM diterima oleh Sekretaris Rektor Undipa beserta tim Unit Penjaminan Mutu (UPM) Undipa. Dalam sambutannya, Ketua UPM Undipa Asran memaparkan tentang standar penjaminan mutu yang dilaksanakan di Undipa. Ia berbagi banyak pengalaman tentang membangun sistem tata kelola manajemen mutu berbasis ISO 9001. 

ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem penjaminan mutu. Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal sistem manajemen mutu produk/jasa yang dihasilkan.

Ketua LPM IAIN Parepare, Muhammad Qadaruddin dalam sesi sharing session mengungkapkan, benchmarking dilakukan oleh LPM di Undipa dengan pertimbangan bahwa Undipa merupakan salah satu kampus teknologi yang memiliki SPMI yang baik. Undipa dapat menjadi referensi transisi penjaminan mutu seiring dengan perubahan status lembaga dari sekolah tinggi menjadi universitas.

“Kami sampai saat ini terus belajar dan berbenah bagaimana mengelola sistem penjaminan mutu yang baik. Karena itu, kami datang ke sini untuk mencari ilmu baru terkait sistem manajemen mutu, ” ungkapnya.

IAIN Parepare tahun ini sedang mempersiapkan sejumlah prodi agar dapat mencapai akreditasi unggul. Saat ini terdapat 5 program studi yang sedang dan siap mengikuti reakreditasi. Untuk memetakan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pengajuan akreditasi, LPM berupaya merumuskan solusi atas kendala yang dihadapi, di antaranya dengan melakukan studi banding ke Undipa yang telah melaksanakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu.

“Usaha untuk menjajaki sistem manajemen mutu sangat penting dipelajari, mengingat IAIN Parepare juga tengah menatap akreditasi perguruan tinggi di 2024,” tutur Muhammad Qadaruddin. 

Salah satu sistem penjaminan mutu yang diperoleh dari studi banding ini adalah cara membangun digitalisasi arsip di semua unit. Seluruh tim LPM memperoleh banyak masukan dari pengalaman Undipa tentang alur-alur yang harus dilakukan untuk mencapai sistem penjaminan mutu yang baik. (Mhy/Tin).

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 12 Maret, 2023