Jalani Asesmen Lapangan, Prodi PIAUD Ingin Hasil Terbaik

23 Februari, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare —Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare mengikuti proses akreditasi, yaitu tahap asesmen lapangan (AL) oleh tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Asesmen lapangan dilaksanakan secara virtual, Rabu (23/02/2022).

Asesmen lapangan ini diawali dengan acara pembukaan yang berlangsung secara hikmat. Asesmen lapangan dihadiri oleh pimpinan institut secara daring, terdiri dari Rektor IAIN Parepare, Ahmad S. Rustan, Wakil Rektor Bidang APL Sitti Jamilah Amin, Wakil Rektor Bidang AUPK, H. Sudirman L, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama H. Muhammad Saleh. Turut hadir dekan di lingkup IAIN Parepare, Ketua LPM, Ketua LP2M, dan sejumlah undangan lainnya.

Tim asesor yang ditugaskan BAN PT untuk melakukan tugas visitasi terhadap Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, yaitu Prof Dr. Fahrurrozi, M. Pd., D
dari Universitas Negeri Jakarta dan Dr. Susilahati, M.Si., dari Universitas Muhammadiyah Jakarta. Keduanya diberikan tanggung jawab oleh BAN PT untuk melakukan verifikasi data-data yang telah diinput di LKPS dan LED dan disesuaikan dengan fakta-fakta di lapangan.

Dalam acara pembukaan, Rektor IAIN Parepare Ahmad S. Rustan memberikan gambaran umum seputar Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, kesiapan mengikuti asesmen lapangan, dan sejumlah harapan.


“Kami sampaikan kepada asesor bahwa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini tergolong baru di IAIN Parepare namun sangat diminati,” ucap Ahmad.

“IAIN Parepare saat ini terus berbenah mengupayakan perubahan status kampus menjadi universitas, di mana sebelumnya pada tahun 2018 berubah dari STAIN menjadi IAIN. Upaya peralihan status sebagai pemantik dan harapan besar Pendidikan Islam Anak Usia Dini mencapai hasil akreditasi yang terbaik. Proses akreditasi ini tentu bukan sesuatu yang main-main. Asesor akan benar-benar melakukan pemotretan yang ketat dalam rangka rangka validasi dan verifikasi dokumen borang yang telah dikirim sebelumnya. Hasil Asesmen ini akan menunjukkan bagaimana kualitas Prodi PIAUD sehingga dapat menjadi pilihan masyarakat sebagai tempat pendidikan anak-anaknya,” jelas Ahmad.

“Tim kami sudah siap. Indikasinya terlihat dari kehadiran seluruh elemen yang terkait. Mulai dari Dekan, Wakil Dekan I dan Wakil Dekan II, Ketua Program Studi, tim borang, dan sejumlah pihak lainnya. Mereka ini siap memberikan penjelasan dan klarifikasi kepada asesor,” paparnya.

Ahmad S. Rustan berharap kepada tim asesor untuk memberikan pembinaan dan bimbingan sehingga PIAUD dapat memperoleh hasil yang terbaik. “Tim kami siap memberikan penjelasan dan klarifikasi yang jelas, detail, dan akurat jika diminta oleh tim asesor,” katanya lagi.

Pada akhir sambutannya, Rektor IAIN Parepare berharap kedua asesor dapat hadir secara langsung di IAIN Parepare. Ahmad menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim asesor atas kehadirannya di IAIN Parepare meski melalui forum virtual.

Sementara itu, Koordinator tim asesor Prof. Dr. Fahrurrozi, M. Pd., memberikan prolog sebelum melakukan visitasi akreditasi. “Kami telah memeriksa dokumen baik di LKPS dan di LED yang dikirim ke BAN PT. Kami berharap, Bapak/Ibu dapat memberikan penjelasan dan mengklarifikasi data-data yang telah diinput. Penjelasan tersebut sangat penting bagi asesor untuk memperoleh penguatan dalam proses asesmen lapangan,” tuturnya. (Aen/Mif)

di dalam Berita
Nur Aeni K 23 Februari, 2022