Jelang Reakreditasi, “Inspiring: English Education Journal” Target Sinta 4

21 Februari, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare– Pengurus baru Jurnal Inspiring mengelar rapat perdana pada Jumat (18/02/2022). Rapat dipimpin oleh Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IAIN Parepare, Mujahidah, M.Pd., yang sekaligus sebagai Editor in Chief pada struktur pengelola.

Rapat yang dihadiri oleh 11 orang ini dimulai dengan perkenalan para personil yang kebanyakan diisi oleh orang baru. Dalam suasana yang santai tetapi serius, Editor in Chief mulai menjabarkan hal-hal penting untuk memulai kerjasama yang sinergis. Mujahidah memaparkan kondisi Jurnal Inspiring serta rentetan pasang surut sejak tahun 2018 ketika dirintisnya jurnal tersebut hingga saat ini.

“Belajar dari pengelolaan sebelumnya, ada banyak hal yang perlu dibenahi untuk estafet kepengurusan, terutama pada dedikasi pengelola pada topoksinya masing-masing,”ungkap Mujahida. Lalu dijelaskanlah secara singkat deskripsi tugas masing-masing struktural, yaitu: pengarah, penanggung jawab, editor in chief, journal manager, editor, layout, dan reviewer.

Secara rutin jurnal ini diterbitkan dalam 2 volume, yaitu pada bulan Maret dan September. Jelang penerbitan yang telah di depan mata, pengelola kemudian mengatur langkah-langkah strategis agar jurnal yang terdiri dari 7 artikel tiap volume ini bisa terbit tepat waktu.

Lebih lanjut, pembahasan difokuskan pada reakreditasi yang akan dihadapi pada bulan September tahun ini. Karena telah mengantongi Sinta 5, pengelola berupaya agar bisa menaikkan akreditasi ke minimal Sinta 4. Oleh karena itu, hal yang menjadi perhatian utama adalah pengumpulan artikel dan penebitan disesuaikan dengan prosedur, komposisi penulis dari luar IAIN Parepare diperbanyak, tampilan pada website dan template artikel diperbaiki, serta standar penulisan yang ditentukan pada minimal turnitin 30%.

“Melihat antusiasme para pengelola baru ini, saya optimis kita bisa membangun Jurnal Inspiring menjadi lebih baik di masa yang akan datang,” tutup Mujahidah pada rapat tersebut. (Aen/tin)


di dalam Berita
Nur Aeni K 21 Februari, 2022