Kegiatan CSBTC Tingkatkan Skill Fotografi dan Editing Mahasiswa KPI IAIN Parepare

5 Desember, 2023 oleh
srikartikaabidin

Humas IAIN Parepare -- Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Parepare menggelar kegiatan Communication Skill & Broadcasting Training Camp di Movie Room IAIN Parepare (3/12/2023).

Kegiatan ini merupakan hari ketiga dalam pelaksanaan CSBTC, yang mengadirkan pemateri Fotografi yakni Nursiama Ramadhani. Pemateri kali ini pernah mendapatkan juara 2 dalam ajang Video Competition yang diadakan oleh NET.TV pada tahun 2019. Dalam materinya, Nursiama menyampaikan beberapa teknik pengampilan gambar. Setelah menyampaikan beberapa teori, kemudian peserta diarahkan untuk mengambil gambar dari beberapa titik yang ada di kampus IAIN Parepare. Peserta mengambil gambar sesuai dengan teknik yang dijelaskan sebelumnya sehingga peserta akan lebih memahami karena diarahkan langsung untuk menggunakan kamera serta teknik pengambilan gambar.

Pada sesi selanjutnya, peserta diberikan project untuk membuat program berita sesuai dengan kegiatan CSBTC ini. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan akan menentukan tugas di masing-masing anggota kelompok yakni sebagai news anchor, script writer, voice over, kameramen, dan editor.

Kemudian pada tahap editing peserta diarahkan langsung oleh pemateri yakni, Muhammad Adri Azikin. Pada materi editing ini bahan dari project membuat program berita yang kemudian diedit sesuai dengan pembagian tugas para anggota kelompok. Dalam hal ini para peserta sangat antusias mengikuti sesi terakhir pada kegiatan ini.


Fikruzzaman Saleh selaku Ketua Panitia mengatakan “Alhamdulliah kegiatan yang di ikuti oleh mahasiswa KPI berjumlah 30 orang berlangsung sukses dan lancar, tentunya kami sebagai penyelanggara mengharapkan agar skill mahasiswa bisa berkembang. Kami melihat potensi besar dari masing-masing peserta, besar pula harapan kami agar peserta dari kegiatan ini bisa membantu prodi bahkan institut khusus nya dalam kegiatan yang menyangkut media sosial”, harapnya.

Salah satu peserta dalam kegiatan ini yakni Dzakwan Mubarak mengatakan “pada hari ketiga ini peserta di suguhi materi terkait tehnik fotografi, videografi dan editing  yang di bawakam langsung oleh pemateri yang luar biasa. Materi yang di sampaikan mudah untuk kami pahami karena selaku pemateri mereka tidak hanya memberikan teori bagi para peserta tapi lebih mengarah kepada praktek untuk menerapkan apa yang sudah di berikan. Hal inilah yang mempermudah para peserta untuk bisa mengingat materi yang disuguhkan pada hari ke tiga ini. Tidak hanya materi dan praktek, pemateri juga memberikan tugas untuk membuat project bagi para peserta sebagai tolak ukur sejauh mana kemampuan mereka untuk memahami materi hari ini”, tuturnya. (ska/...)

 

 


di dalam Berita
srikartikaabidin 5 Desember, 2023