Kultum Ramadan: Dekan FUAD Inginkan Generasi Muda Mempunyai Empat Hal

20 Maret, 2024 oleh
Hartini

Humas IAIN Parepare--- Pada hari kesembilan puasa Ramadan, Kultum Ramadan disampaikan oleh Dr. A. Nurkidam, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah IAIN Parepare, dengan judul "Generasi Muda yang Kuat", diadakan di Masjid Al-Wasilah IAIN Parepare pada hari Senin, tanggal 20 Maret 2024.


Nurkidam menjelaskan empat hal yang harus dipunyai generasi muda yang kuat yaitu pertama mempunyai keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. 


“Sejalan dengan Rasulullah Saw ketika pertama kali melaksanakan misi keagamaan, yang pertama adalah penanaman akidah, begitu juga ketika kita lahir, yang pertama dilakukan adalah mengadzankan bayi itu di telinga kanan dan mengikamahkan di telinga kiri,” ucap Nurkidam.


Kedua, adalah persoalan akhlak, Nurkidam mengatakan bahwa di dalam kehidupan akhlak sangat penting, sampai-sampai Nabi mengatakan sesungguhnya aku diutus oleh Allah Swt. untuk menyempurnakan akhlak,” lanjut Nurkidam.


Di dalam kultum tersebut Nurkidam menjelaskan pula bahwa akhlak sesama manusia sangat penting termasuk di dalam hal menjaga perilaku-perilaku baik kepada orang tua kita, teman-teman, kepada dosen, guru, dan kepada mahasiswa.




Lebih lanjut Nurkidam menjelaskan hal yang ketiga yaitu skill yang bagus. Nurkidam menyampaikan bahwa generasi muda yang kuat harus mempunyai ilmu pengetahuan. Baik itu terkait ilmu pengetahuan agama, atau ilmu pengetahuan umum, agar generasi yang ditinggalkan menjadi generasi yang kuat.


“Anak-anakku semua harus bulatkan tekad, untuk mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup sebelum menyelesaikan studynya di IAIN Parepare, karena itu adalah bekal,” tegas Nurkidam.


Adapun hal keempat yaitu keterampilan hidup, “Ketika Anda mempunyai keimanan yang kuat, ketika Anda mempunyai akhlaqul karimah, ketika Anda mempunyai ilmu pengetahuan yang cukup. Tetapi tidak cukup kalau tiga, harus ditambah dengan keterampilan hidup, kenapa harus ada keterampilan hidup? Karena itu juga bagian dari kehidupan, agar kita tidak selalu bergantung kepada orang lain,”  tutur Nurkidam.


“Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu, kalau anak-anak Kita sudah mempunyai empat hal ini, insyaallah Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu Kita tidak akan meragukan lagi tentang generasi yang akan datang,” kata Nurkidam sebagai penutup kultumnya. (Hrt/Srh)

di dalam Berita
Hartini 20 Maret, 2024