Kurnia Tri Wulandari, Prodi Ekonomi Syariah Raih Juara II Duta Lingkungan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023

12 November, 2023 oleh
srikartikaabidin

Humas IAIN Parepare---Kurnia Tri Wulandari Mahasiswi Program Studi Ekonomi Syariah meraih Juara II Duta Lingkungan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Swiss Belcourt Makassar, (10/11/2023). Kurnia atau akrab disapa Nia ini merupakan mahasiswi aktif semester V IAIN Parepare.

Sebelumnya Nia meraih Juara I Duta Lingkungan Kota Parepare, kemudian ia bertanding kembali ke tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dengan beberapa peserta yang berasa dari seluruh Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan.

Nia menjelaskan, “Sebuah kehormatan bagi saya memperoleh kesempatan untuk mengikuti Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023. Sebelum ke Tingkat Provinsi saya bertanding di Tingkat Kota yaitu Kota Parepare, dan alhamdulillah saya menjadi Winner Putri Duta Lingkungan Hidup Kota Parepare Tahun 2023,” ungkapnya

Banyak persiapan yang dilalui Nia sebelum bertanding pada Tingkat Provinsi. Para pesaing yang berkualitas dengan segala bakat dan potensi yang mereka miliki menjadi tantangan dan motivasi Nia untuk mendapatkan hasil terbaik.

“Persiapan yang dilakukan sebelum mengikuti ajang tersebut, diantaranya pendalaman materi, performance, dan juga karya daur ulang. Sebelum tahap karantina dilakukan, terdapat prakarantina yang mengimbau peserta untuk melaukan take video, editing, dan membuat narasi secara mandiri yang membutuhkan persiapan secara matang, lalu mengeksekusi secara bijak,” ujar Nia

Nia juga menjelaskan terkait alur dari Kegiatan Pemilihan Duta Lingkungan Sulawesi Selatan, mulai dari prakarantina, Expo Recyle hingga sampai tahap malam puncak Grand Final.

“Tepatnya pada tanggal 8 para peserta melakukan Expo Recyle yaitu tahap karya yang dibuat dari sampah didaur ulang, dan bisa memiliki fungsi hias dan fungsi pakai. Selain itu kami melakukan Talent Show. Dilanjutkan pada tanggal 9 yaitu melakukan Motion Challenge dan juga Deep Interview. Pada tanggal 10 dilakukan Grand Final di Hotel Swiss Belcourt Makassar, yang diikuti oleh beberapa Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan dengan total 40 Finalis”, tambah Nia.

“Pada malam puncak Grand Final diumumkan TOP 10 dari 40 Finalis, dan alhamdulillah saya masuk TOP 10, di TOP 10 saya melakukan orasi dengan Tema "Triple Planetary Crisis". Setelah itu TOP 6 dan berhasil masuk pada sesi Q and A dari dewan juri hingga sampai tahap TOP 3. Alhamdulillah saya bisa meraih Juara Runner Up 2 Duta Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023 dari 40 Finalis yang ada”, ungkapnya

Nia berharap bisa mengajak seluruh pemuda untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kota Parepare.

“Harapan saya tentunya bisa mengajak seluruh pemuda untuk berkolaborasi bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan, selain itu menjadi tugas saya untuk bisa menjadi presentatif dalam bidang lingkungan tentunya di Provinsi Sulawesi Selatan dan terkhususnya di Kota Cinta Parepare,“ harapnya. (Ska/Srh)


di dalam Berita
srikartikaabidin 12 November, 2023