LP2M Gelar Seminar Kepemudaan pada Kunjungan KPM di Desa Binaan

3 November, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare– Di sela-sela kunjungan ke peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) angkatan I tahun 2021, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare juga menggelar Seminar Kepemudaan di Desa Latimojong Kabupaten Enrekang, Senin (1/11/21).


Desa Latimojong merupakan salah satu desa binaan IAIN Parepare hasil kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Enrekang sejak tahun 2017.
Hadir sebagai pemateri Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad S Rustan, M.Si. didampingi oleh Wakil Rektor Bidang APL Dr. Siti Jamilah Amin, M. Ag. dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Muhammad Saleh, M.Ag.

Selain itu, hadir Ketua LP2M beserta jajarannya, dosen DPL, pendamping desa, masyarakat, pemuda setempat di Desa Latimojong dan mahasiswa peserta KPM.
Dr. Ahmad S Rustan, M.Si. sebagai pemateri menyampaikan bahwa desa adalah faktor penting bagi kemajuan sebuah bangsa.
“Majunya suatu bangsa akan diukur dari majunya sebuah desa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ahmad Sultra mengungkapkan bahwa selain menyediakan keindahan dan kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh daerah perkotaan, desa juga memiliki kekuatan yang autentik seperti budaya gotong royong dan sikap saling menghargai. Hal ini juga menjadi modal sosial dalam membangun desa.
Rektor menandai peran penting sivitas akademika dalam membantu membangun desa.

“Sivitas akademika bisa menjadikan desa sebagai ruang untuk penelitian dan pengabdian. Oleh karena itu kehadiran mahasiswa KPM IAIN Parepare di sini dapat berkolaborasi dengan pemuda setempat untuk melakukan kerjasama dalam mengembangkan desa, khususnya di Desa Latimojong,” ungkap Rektor IAIN Parepare.

Rektor berharap dengan adanya kolaborasi ini dapat menunjang pembangunan di berbagai sektor seperti menciptakan inovasi baru dalam pengelolaan pertanian, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipadukan dengan modal sosial. (Aeny/Tin)

di dalam Berita
webadmin1 3 November, 2021