LP2M IAIN Parepare Gelar Review Keluaran Penelitian, Wujud Komitmen Tingkatkan Kualitas

17 Oktober, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare menggelar review keluaran penelitian tahun 2023 pada, Selasa-Rabu (17-18/10/2023). Kegiatan ini menghadirkan 60 judul penelitian yang akan direview oleh dua reviewer eksternal dan dua reviewer internal.

Reviewer eksternal yang hadir Fahmi Gunawan dan H. Abdul Syatar. Sedangkan reviewer internal yang hadir M. Kamal Zubair, dan Buhaerah. Kegiatan revieu berlangsung di Lantai 5 Gedung Perpustakaan IAIN Parepare. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor IAIN Parepare Hannani dan dihadiri oleh Ketua LP2M, Sekertaris LP2M, Kepala Pusat dalam lingkup LP2M dan peserta.

M. Ali Rusdi dalam laporannya menyampaikan bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu pilar penting dalam pelaksanaan tri darma perguruan tinggi.


"LP2M IAIN Parepare telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, upaya tersebut antara lain menerapkan sistem berbasis keluaran (SBK), meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa, serta membangun kerja sama dengan mitra industri dan masyarakat," jelasnya.


Sementara itu, Rektor IAIN Parepare, Hannani menyampaikan beberapa pokok pikiran untuk optimalisasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2024. Pokok-pokok pikiran tersebut antara lain, penelitian internal yang berorientasi pada pengembangan kurikulum, penguatan keilmuan, dan pembuatan konten pembelajaran. Penelitian internal yang berorientasi pada penguatan pelayanan perguruan tinggi, penelitian eksternal yang berorientasi pada peningkatan layanan lembaga negara, dan pengabdian strategis perguruan tinggi.

"Saya berharap penelitian internal yang berorientasi pada penguatan pelayanan perguruan tinggi. Penelitian ini akan dilakukan untuk menganalisis kesiapan IAIN Parepare menuju UIN, serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian, akademik, dan pembimbingan tugas akhir," jelasnya.


Rektor IAIN Parepare menambahkan penelitian eksternal yang berorientasi pada peningkatan layanan lembaga negara. Penelitian ini akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan lembaga negara, seperti KUA, advokasi hukum, dan penguatan moderasi beragama.

"Besar harapan agar pengabdian strategis perguruan tinggi. Pengabdian ini akan dilakukan untuk mengatasi permasalahan di masyarakat, seperti pengelolaan sampah dan penyusunan masterplan green kampus," tutupnya. (fzs/mif)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 17 Oktober, 2023