Lulus Tes TOEFL dan TOAFL Prediksi: Syarat Wajib Mahasiswa IAIN Parepare Ikuti Ujian Komprehensif

31 Maret, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare---Unit Pelaksana Teknis Bahasa IAIN Parepare berperan penting dalam pengembangan dan peningkatan keterampilan berbahasa asing, terutama bagi mahasiswa IAIN Parepare. Mengukur kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab Mahasiswa IAIN Parepare melalui pelaksanaan tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) Prediksi dan TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) Prediksi, merupakan salah satu tugas dan fungsi UPT bahasa.

TOEFL Prediksi adalah tes kemampuan bahasa Inggris dan TOAFL Prediksi adalah tes kemampuan bahasa Arab, yang terdiri dari 140 soal. Kedua tes bahasa asing ini menguji tiga kemampuan bahasa, di antaranya kemampuan mendengarkan, struktur dan pernyataan tertulis, serta kemampuan memahami bacaan. Setelah melewati tes dan dinyatakan lulus, peserta akan memperoleh Sertifikat TOEFL dan TOAFL. Bagi mahasiswa akhir Strata 1 IAIN Parepare, hal ini menjadi syarat wajib untuk mendaftar ujian komprehensif.

Untuk mendapatkan sertifikat TOEFL dan TOAFL, mahasiswa wajib melewati batas standar nilai yang telah diatur pada peraturan akademik IAIN parepare tahun 2022 yaitu 400. Sedangkan bagi mahasiswa yang berasal dari Program Studi yang sama, diharuskan untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi yaitu 450 bagi mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris untuk Tes TOEFL, dan 450 bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab untuk Tes TOAFL.

Tes TOEFL dan TOAFL Prediksi Mahasiswa IAIN Parepare dilaksanakan setiap hari kerja, yaitu Senin dan Rabu untuk Tes TOEFL, Selasa dan Kamis untuk Tes TOAFL. Prosedur pengerjaan tes dilaksanakan dalam dua cara yaitu offline dan online, yang disesuaikan dengan aturan pihak penyelenggara yaitu UPT. Bahasa IAIN Parepare. Adapun tes yang  offline dilaksanakan di laboratorium bahasa yang terletak di Gedung Laboratorium Terpadu Lantai 2 IAIN Parepare.

Sejak Januari 2023 hingga Maret 2023 mahasiswa yang telah mengikuti tes TOEFL, tercatat telah mencapai 1674 orang dan mahasiswa yang telah mengikuti tes TOAFL sebanyak 970 orang.

Yulie Asni yang merupakan salah satu dari tim penyelenggara Tes TOEFL dan TOAFL menyatakan, kebanyakan mahasiswa yang lulus tes TOEFL dan TOAFL telah mengikuti lebih dari satu kali tes hingga mampu mencapai nilai minimal kelulusan. “Kebanyakan mahasiswa mengikuti tes tanpa persiapan, sehingga ketika tes tidak langsung mencapai standar nilai minimal kelulusan. Selaku tim kerja tes TOEFL dan TOAFL saya berharap para mahasiswa persiapkan diri dengan belajar terlebih dahulu sebelum mengikuti tes,” tutup Yuli. (Aw/Srh)


di dalam Berita
ameliawulandari 31 Maret, 2023