Ma'had Al-Jamiah Gelar Pelatihan Dakwah Selama Tiga Bulan, Ini Puncaknya!

8 Desember, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare- Ma’had Al-Jami’ah melaksanakan kegiatan Pelatihan Dakwah (DAI dan Khatib) yang dilaksanakan di Masjid Al-Wasilah IAIN Parepare selama dua hari pada, Jumat-Sabtu (1-2/12/2023). Kegiatan ini merupakan puncak kegiatan pelatihan dakwah yang sudah berlangsung selama tiga bulan. 


Kegiatan tersebut diikuti seluruh mahasantri dan pembina asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare yang berjumlah 270 orang. Kegiatan ini juga diIkuti beberapa mahasiswa dari Prodi Manajemen Dakwah dan Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM). Dalam kegiatan ini, ada empat materi yang dibawakan oleh empat pemateri yang berbeda. Adapun materi pada kegiatan tersebut, yaitu  Fiqh Dakwah (Arief Riwikari Sudictar), Etika Dakwah (Suhardi Diri), Fiqh Khutbah (H. Suarning), dan Keprotokoleran (Adrianti Sulaiman).




Dalam sambutannya, Kepala Ma’had Al-Jami’ah IAIN Parepare Budiman menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi mahasantri ataupun mahasiswa yang ingin mengembangkan bakat dan minatnya di bidang dakwah maupun khatib. "Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya guna untuk mengembangkan potensi-potensi yang mahasiswa miliki," ucap Budiman. 


“Pelaksanaan kegiatan selama dua hari nanti akan dimaksimalkan, agar mahasantri atau mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini bisa dilatih menjadi pendakwah atau penceramah yang hebat," ujar Aksa Muhammad Nawawi, Ketua Panitia.


Pelatihan Dakwah (DAI dan Khatib) dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan bimbingan dan Pembinaan Mahasiswa IAIN Parepare agar mereka mengetahui cara berdakwah secara komprehensif di luar kuliah. Kegiatan ini juga ditujukan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga terampil dalam penguasaan ajaran Al-Qur’an dan sunnah untuk disampaikan kepada masyarakat sebagai jawaban dari berbagai problematika  dalam kehidupan sehari-hari. (rhm/mif)



di dalam Berita
Hayana 8 Desember, 2023