MABA IAIN Parepare Ikuti Tes Diagnostik Serentak

1 September, 2023 oleh
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare---Mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Mahasiswa Baru IAIN Parepare Angkatan 2023, UPT Bahasa melaksanakan Tes Diagnostik dalam bentuk Tes TOEFL Prediksi dan TOAFL Prediksi.

Tes diagnostik yang dibuka langsung oleh Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare Hj. Nurhamda, diikuti oleh seluruh mahasiswa baru IAIN Parepare Angkatan 2023 sebanyak 1325 orang. Pelaksanaan tes serentak ini diadakan di Gedung Auditorium IAIN Parepare pada Jumat, 1 September 2023. 

Pelaksanaan tes tersebut terdiri atas dua sesi. Sesi pagi untuk pelaksanaan TOEFL Prediksi yang mengukur kemampuan mendengar, struktur tata bahasa, dan pemahaman bahasa Inggris, dan sesi siang untuk pelaksanaan TOAFL Prediksi yang mengukur kemampuan bahasa Arab mahasiswa baru.


Tes TOEFL Prediksi dan TOAFL Prediksi ini dilaksanakan secara langsung yang dikerjakan secara onlin​e, dengan menggunakan handphone atau laptop masing-masing. Soal-soal yang terlihat pada perangkat peserta tes telah diatur secara acak, sehingga hal ini dapat meminimalisir tindak kecurangan peserta tes meskipun duduk secara berdampingan. Para mahasiswa baru yang melaksanakan tes tersebut memperoleh soal dan urutan jawaban yang berbeda, sehingga setiap mahasiswa juga dapat fokus pada soal yang berada pada layar masing-masing.

“Ini pertama kalinya saya mengikuti tes TOEFL dan TOAFL. Tes ini terasa sangat menarik bagi saya karena kami bisa mengikutinya secara bersama-sama. Untuk soalnya insyaallah saya mengerti dan dapat saya jawab semua, tapi saya mendapatkan kesulitan menjawab salah satu tes yang diberikan karena saya belum memiliki ilmu dasar dalam bahasa Inggris,” ucap Nurul yang merupakan salah satu peserta tes.


Tes Diagnostik serentak ini merupakan agenda yang baru pertama kali dilakukan di IAIN Parepare, “Harapan saya, dengan adanya tes ini kita dapat mengetahui kemampuan bahasa mahasiswa baru IAIN Parepare sekaligus memperoleh data mahasiswa yang sudah memiliki dasar dalam berbahasa asing, yang nantinya akan kita bina untuk mengembangkan kemampuannya dan diarahkan untuk mengikuti beasiswa, ataupun pertukaran pelajar. Insyallah selanjutnya tes ini akan menjadi kegiatan rutin UPT Bahasa setiap tahunnya, sekaligus sebagai bentuk penyambutan mahasiswa baru dari kami Tim UPT Bahasa,” tutup Nurhamdah. (Aw/Srh)


di dalam Berita
ameliawulandari 1 September, 2023