PBAK Tahun 2023 Resmi Ditutup oleh Kasubtim Kemahasiwaan PTKI

1 September, 2023 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare--Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) IAIN Parepare tahun 2023 resmi ditutup oleh Kasubtim Kemahasiswaan PTKI, Dr. Abdul Basir, M.Pd.I digedung Auditorium, Jumat (31/8/ 2023)

kegiatan yang dimulai sejak 28-31 Agustus 2023 berhasil memberikan pengalaman berharga bagi 1.336 mahasiswa baru dalam mengenal lingkungan kampus dan budaya akademik yang akan mereka jalani selama menjadi mahasiswa.

Mengawali sambutannya, Abdul Basir mengatakan bahwa yang paling berkesan saat menjadi mahasiswa adalah mengikuti kegiatan orientasi pengenalan kampus bagi baru dan yang kedua paling berkesan adalah saat menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN).

 “Itulah dua hal yang paling berkesan saat menjadi mahasiswa. Oleh karena itu, beruntunglah kalian bisa menjadi mahasiswa,” ucap Basir di hadapan seluruh peserta PBAK.

Basir juga mengingatkan kepada peserta PBAK untuk menggunakan kesempatannya sebaik baik mungkin dalam menuntut ilmu di kampus  karena secara mandatory mahasiswa memiliki tanggung jawab sosial, tanggung jawab kemanusiaan, dan sebagai duta duta moderasi beragama. 

“Menjadikan PTKIN sebagai pusat moderasi beragama merupakan program prioritas dari Kementerian Agama.Oleh karena itu, mahasiswa benar-benar harus di-screening untuk terhindar dari paham-paham radikal,”tambahnya.

Di akhir sambutannya, Abdul Basir berpesan kepada mahasiswa untuk bisa mengorelasikan antara prestasi akademik dengan organisasi. Ia juga mengajak para mahasiswa baru untuk merenungi arti sebenarnya  dari menjadi mahasiswa. 

“Jangan sampai sukses di organisasi, tetapi tidak selesai pendidikan sarjana, atau sebaliknya jangan sampai sukses prestasi akademiknya, tetapi tidak memiliki pengalaman organisasi, “ucap Basir.

Sementara, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Kamal Zubair dalam sambutannya mengajak seluruh mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri dalam memilih organisasi mahasiswa yang akan diikuti. “Silakam pilih organisasi mahasiswa yang sesuai dengan minat kalian. Bagi mahasiswa penerima beasiswa wajib mengikuti organisasi mahasiswa, “seru Kamal Zubair kepada seluruh peserta PBAK.

Pada acara penutupan PBAK ini, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada peserta yang berhasil memenangkan Got Talent PBAK. Rangkaian acara PBAK ditutup dengan Dzikir bersama di pelataran taman moderasi beragama yang dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Parepare. (Aeh/Tin)


di dalam Berita
Nur Aeni K 1 September, 2023