Perkampungan Bahasa Interen Libam IAIN Parepare Tingkatkan Kepercayaan Diri dan Motivasi Peserta

25 April, 2024 oleh
fikruzzamansaleh

HUMAS IAIN Parepare -- Perkampungan Bahasa Interen Libam (Lintas Imajinasi Bahasa Mahasiswa) IAIN Parepare sukses digelar pada Kamis sore hingga Minggu. (25-28/04/2024) bertempat di Aula Serbaguna IAIN Parepare. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Libam yang telah melewati jenjang mapaba (Masa Penerimaan Anggota Baru).

PBI Libam bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memotivasi diri peserta dengan kemampuan kebahasaan. Acara ini dihadiri oleh Warek 3 IAIN Parepare M. Ali Rusdi, Pembina Libam Kaharuddin Ramli, Ormawa, Dema, Sema, dan peserta.


Dalam sambutannya, Ketua Panitia Ayu dahlan PBI Libam menekankan pentingnya penguasaan bahasa asing bagi mahasiswa di era globalisasi. "Di era globalisasi ini, kemampuan berbahasa asing sangatlah penting. PBI Libam hadir untuk membantu mahasiswa meningkatkan kemampuan bahasa asing mereka," ujarnya.



Ketua Libam M. Taufik Hidayat dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar PBI Libam dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuan bahasa asing mereka. "Saya berharap PBI Libam dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuan bahasa asing mereka. Dengan mengikuti PBI Libam, semoga para peserta dapat meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi mereka dalam belajar bahasa asing," tuturnya.


Warek 3 IAIN Parepare M. Ali Rusdi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Libam atas terselenggaranya PBI. "Saya mengapresiasi Libam atas terselenggaranya PBI ini. Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi stimulus bagi peserta PBI Libam agar lebih semangat lagi untuk belajar berbahasa asing," ujarnya.


Ali Rusdi juga menyampaikan 4 prinsip dalam berkegiatan bagi mahasiswa yaitu berbasis prestasi, pengembangan soft skill, akreditasi dan publikasi. "Ada 4 prinsip dalam berkegiatan bagi mahasiswa yaitu berbasis prestasi, pengembangan soft skill, Akreditasi dan publikasi," ujarnya. 


Terakhir Ali Rusdi berharap agar Libam dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lain dalam kebahasaan. "Harapan saya ke depannya agar Libam bisa menjadi contoh bagi mahasiswa-mahasiswa lain dalam kebahasaan guna meningkatkan kualitas mahasiswa kampus kita, terlebih bahasa sangat untuk menunjang akreditasi IAIN Parepare," tuturnya.


Pembina Libam, Kaharuddin Ramli dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini menjadi stimulus bagi peserta perkampungan bahasa interen libam agar lebih semangat lagi belajar berbahasa asing. PBI Libam diisi dengan berbagai kegiatan, seperti workshop bahasa Inggris, debat bahasa Inggris, dan public speaking. Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk mengikuti field trip ke tempat-tempat wisata di Parepare.


Muh. Yuslih, Peserta PBI Libam mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan ini. "Saya sangat senang mengikuti PBI Libam ini. Saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman baru tentang Bahasa Inggris. Saya juga menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris," ujarnya.


PBI Libam diharapkan dapat menjadi salah satu program unggulan IAIN Parepare dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing mahasiswanya. (fzs/alf)

di dalam Berita
fikruzzamansaleh 25 April, 2024