Prodi PIAUD Teken Perjanjian Kerjasama dengan 9 PTKIN DAN PTKIS di UIN Batusangkar Sumatera Barat

15 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

HUMAS IAIN PAREPARE - Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) terus memperluas jejaring dengan kembali meneken Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan beberapa kampus pengelola Prodi PIAUD se-Indonesia. Kegiatan ini terlaksana pada pertemuan Asosiasi Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, Tanah Datar, Sumatra Barat, Selasa (14/3/2023).

Pertemuan akbar ini dihadiri oleh Ketua-ketua Prodi dan Dosen-dosen PIAUD dari PTKIN dan PTKIS yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari Sulawesi, Ternate, Kalimantan, Lampung, Jawa barat, Jawa tengah, Jawa timur, Aceh, hingga Jayapura. 

Penandatanganan PKS, yang diinisiasi langsung oleh Kaprodi PIAUD Novita Ashari, M.Pd., inipun berhasil menggaet sembilan kampus pengelola prodi PIAUD yang tersebar di Indonesia. Diantaranya, UIN Mahmud Yunus Batusangkar, IAIN Ternate, IAIN Fattahul Muluk Papua, STAI Ibnu Sina Batam, UIN Raden Mas Said Surakarta, STIT Syekh Burhanuddin Pariaman, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, STIT Diniyyah Putri Rahmah Padang Panjang, Universitas Cendekia Abditama Tangerang. 

Adapun isi perjanjian tersebut meliputi kerjasama dalam hal pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, seperti Visiting Lecturer, Tim Penguji Eksternal, Narasumber Kegiatan, Kolaborasi Riset, dan program-program MBKM. 

"Secara umum isi perjanjiannya mencakup kerjasama di bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Salah satu implementasinya adalah pelaksanaan Visiting Lecturer yang diselenggarakan oleh Prodi PIAUD UIN Mahmud Yunus Batusangkar sesaat setelah penekenan perjanjian," papar Novita saat diminta konfirmasinya. 

Hal inipun disambut hangat oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof Dr. Suswati Hendriyani. M.Pd., yang turut mengawal kegiatan tersebut bersama jajaran pimpinan fakultas yang lain. 

"Dengan adanya MoU setiap kampus yg hadir hari ini memberikan nilai positif dan energi akademik maupun non akademik sebagai program studi yang bermutu dan layak unggul," sambutnya. Harapannya dengan pelaksanaan PKS dan implementasi ini di bidang Tridharma baik akademik maupun non akademik, menjadi jembatan komunikasi awal untuk semua program studi Piaud se-Indonesia baik secara luring maupun daring," pungkasnya.

Sebagai Kaprodi, Novita pun berharap kegiatan-kegiatan seperti ini nantinya dapat mendukung peningkatan akreditasi prodi yang menjadi tujuan bersama. (mm/....)


di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 15 Maret, 2023