Program Studi Paling Diminati, Ikuti Proses Akreditasi BAN PT

8 Juli, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare — Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Parepare mengikuti proses akreditasi, yaitu tahap asesmen lapangan oleh tim asesor BAN PT, Rabu, 7/7/2021. Asesmen lapangan yang dilaksanakan secara virtual ini akan berlansung selama 2 hari, tanggal 7 – 8 Juli 2021.

Asesmen lapangan ini diawali dengan acara pembukaan yang berlangsung secara hikmat dan dihadiri oleh pimpinan institut, terdiri dari Rektor, Ahmad S. Rustan, Wakil Rektor Bidang APL, Sitti Jamilah Amin, Wakil Rektor Bidang AUPK, H. Sudirman L., dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, H. Muhammad Saleh. Turut hadir seluruh Dekan FEBI, Muhammad Kamal Subair, Dekan Faktar, H. Saepudin, Dekan FUAD, KH.Abd. Halim K, Ketua LPM, Herdah, Ketua LP2M, Zainal Said dan sejumlah undangan lainnya.


Ada 2 orang tim asesor yang ditugaskan BAN PT untuk melakukan tugas visitasi terhadap Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS), yaitu DR.H.Rizal, M.Ag dari IAIN Batusangkar dan DR.Slamet Haryono, SE.,M.Si, Ak.CA dari UIN Sunan Kalijaga. Keduanya diberikan tanggung jawab oleh BAN PT untuk mereview dan memverifikasi data-data borang dan disesuaikan dengan fakta-fakta di lapangan.

Dalam acara pembukaan, Rektor IAIN Parepare, Ahmad S. Rustan memberikan gambaran umum seputar Program Studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKS), kesiapan mengikuti asesmen lapangan dan sejumlah harapan. “Kami sampaikan kepada asesor bahwa ALKS ini merupakan program studi yang sangat diminati. Banyak camaba yang direject masuk di program studi ini,” papar Rektor.

“Melalui proses akreditasi, mutu atau kualitas program studi ini dapat diperlihatkan kepada masyarakat dengan standar akreditasi yang baik. Tim kami sudah siap. Indikasinya terlihat dari kehadiran seluruh elemen yang terkait. Mulai dari Dekan, Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan 2, meski Wakil Dekan 1 hadir secara virtual tetapi beliau siap memberikan penjelasan jika dibutuhkan. Hadir pula, Ketua Program Studi, tim borang dan sejumlah pihak lainnya. Mereka ini siap memberikan penjelasan dan klarifikasi kepada asesor,” paparnya.

Oleh karenanya, Ahmad S. Rustan berharap kepada tim asesor untuk memberikan pembinaan dan bimbingan sehingga nilai maksimal dapat diperoleh dalam visitasi tersebut. “Tim kami siap memberikan penjelasan dan klarifikasi yang jelas, detail dan akurat jika diminta oleh tim asesor,”katanya. Pada akhir sambutannya, Rektor menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada tim asesor atas kehadirannya di IAIN Parepare meski melalui forum virtual.

Sementara itu, Koordinator tim asesor, H. Rizal yang memperoleh kesempatan memberikan prolog sebelum melakukan visitasi menyampaikan proses akreditasi program studi ALKS berawal dari penilaian terhadap dokumen borang yang dikirim ke BAN PT. “Kami telah memeriksa borang yang dikirim ke BAN PT, dan program studi ALKS telah memperoleh standar kredit untuk diproses pada tahap berikutnya,” kata H. Rizal.

“Meski demikian, kami menemukan banyak kekurangan dan kelemahan dari dokumen borang tersebut. Sehingga kami berharap, bapak ibu dapat memberikan penjelasan secara gamlang, cepat, tepat, dan akurat nantinya terhadap kelemahan dokumen yang kami maksud,” paparnya lagi. Menurut H. Rizal, penjelasan tersebut sangat penting bagi asesor untuk memperoleh penguatan dalam proses asesmen lapangan.

di dalam Berita
webadmin1 8 Juli, 2021