Rakornas Humas, Stafsus: Rendahnya Anggaran Humas akan Dibahas dengan Menag

15 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare --Biro Humas Data dan Informasi (HDI) Kementerian Agama RI menggelar Rapat Koordinasi Nasional Kehumasan tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, (14-16/3/ 2023) di hotel Lor In Kota Solo, Jawa Tengah.

Dalam Rakornas ini, Biro HDI mengundang 20 Humas Eselon 1 Pusat, seluruh Humas Kemenag provinsi se– Indonesia, dan 19 PTKN, termasuk Humas IAIN Parepare yang diwakili Suherman Syach selaku Ketua Tim Humas IAIN Parepare. Rakornas tersebut mengusung tema Be SMART (Sinergis – Moderat – Adaptif – Repontif – Transformatif).

Dalam pengantarnya, Moh. Khoeron selaku penanggung jawab teknis kegiatan menyampaikan bahwa rakornas tersebut mendapat atensi dari pejabat Kementerian Agama dan akan dihadiri sejumlah pejabat, di antaranya Sekjen Kemenag, H. Nizar, Irjen Kemenag, Faizal, dan 2 staf khusus, yaitu Nuruzzaman dan Wibowo Prasetyo.

“Kehadiran pejabat tersebut, menjadi indikator bahwa Humas sangat diperhatikan dan penting di Kementerian Agama,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Moh. Khoeron menyampaikan
akan ada diskusi terkait permasalahan yang dihadapi Humas pada masing-masing lembaga.

Pada hari pertama, Konsultan Media Nasional, Shafiq Pontoh dan Staf Khusus Menag RI, Nuruzzaman membuka ruang diskusi kepada peserta. Diskusi tersebut membahas berbagai permasalahan yang dihadapi Humas dalam melaksanakan tugas pada satkernya masing-masing. Ada 2 isu utama yang mengemuka, yaitu strategi media sosial dan anggaran Humas.

“PTKIN hari ini sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru. Bagaimana membentuk marketing digital dalam meningkatkan promosi kampus agar jumlah mahasiswa baru dapat meningkat?” tanya Suherman saat diberikan kesempatan. Pertanyaan ini direspons Shafiq. Shafiq menguraikan strategi penggunaan media sosial secara detail.

Isu menarik juga berkembang saat Stafsus, Nuruzzaman membuka ruang diskusi. Sejumlah Humas curhat soal anggaran. Nuruzzaman pun mengecek langsung besaran anggaran Humas kepada peserta. “Humas kanwil, anggarannya berapa?, PTKN berapa?
Rupanya, hanya Humas Kanwil Kemenag Jakarta yang anggarannya mencapai 500 juta. Sementara, Kanwil dan PTKN lainnya, hanya pada kisaran 100 — 200 juta,"kata Nuruzzaman. 

Mendapat angin segar, para Humas mengaku, anggaran mereka kurang dari 100 juta. 
“Kami sudah mengusul Pak, tapi sering diblokir,” keluh seorang Humas PTKN.

Nuruzzaman kaget dengan kondisi anggaran Humas tersebut. “Padahal Gusmen sudah meminta pimpinan satker meningkatkan anggaran Humas,” kata Stafsus Menag tersebut. Lebih lanjut, Nuruzzaman berjanji akan mendiskusikan hal tersebut dengan Menteri Agama. 

“Saya akan menyampaikan dan mendiskusikan masalah anggaran Humas ini kepada Gusmen. Besok, saya akan mendampingi Gusmen dan akan membicarakan hal tersebut,” janji Nuruzzaman. (.../Tin)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 15 Maret, 2023