RAT dan Konferensi International Asosiasi PPIAUD Se-Indonesia, IAIN Parepare diwakili Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah

21 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah mewakili Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mengikuti rangkaian kegiatan Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) di Padang Panjang, Sumatera Barat, mulai Selasa hingga Kamis (14-16/3/2023).

Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PPIAUD) merupakan ruang organisasi yang mewadahi komponen akademik maupun non akademik program studi (prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini se-Indonesia.

Dalam rangka menyambut PPIAUD yang ke-III, maka diadakan kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang bertempat di aula kampus STIT Diniyyah Puteri, Padang Panjang, Sumatera Barat. 

Pada kegiatan ini, juga dilaksanakan Konferensi Internasional yang mengusung tema “Menyiapkan Asosiasi Keilmuan yang Mapan Menuju Keunggulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini". Adapun peserta yang ikut hadir sebanyak 110 peserta yang berasal perwakilan prodi PIAUD dari Sabang sampai Merauke.

Selain RAT dan Konferensi International, Asosiasi PPIAUD ini juga melaksanakan beberapa kegiatan lainnya. Diantaranya Kerjasama Internasional bersama 4 lembaga dari Malaysia, launching 18 buku ajar prodi PIAUD dari berbagai program studi perguruan tinggi Islam negeri dan swasta, pengumuman PPIAUD award, launching lagu mars PPIAUD, serta ditutup dengan ramah tamah piaud se-Indonesia. 

Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah menjadi utusan IAIN Parepare untuk menjalin kerjasama Internasional dengan 4 lembaga yang ada di Malaysia yakni Pasti Al Mukmin Bandar Springhill, Cute Caliph Darul Ulum, Genius Caliph Darul Ulum dan Taska Ana Port Dickson. 

Penandatanganan kerjasama tersebut merupakan rangkaian acara RAT dan Konfrensi Internasional PPIAUD di STIT Diniyyah Padang Panjang. Mengingat jumlah Program Studi PIAUD yg menghadiri acara tersebut ada ratusan, sehingga dokumentasi penandatangan MoU tersebut diwakili oleh asosiasi secara simbolis.

Adapun Narasumber konferensi internasional dari Malaysia, UIN Sunan Kalijaga dan Ketua Pusat STIT Diniyyah. Ketua Perkumpulan PIAUD, Dr. Hamzah, M.Pd mengakui bahwa konferensi internasional dan agenda rapat tahunan merupakan ruang akademik sebagai penguatan kerja sama dan kualitas bidang keilmuan antarprodi PPIAUD se-Indonesia.

"RAT dan konferensi maupun kerjasama internasional ini menjadi kesempatan yang baik dalam membangun kerja sama baik secara akademik maupun non akademik dengan stakeholder terkait guna mencari solusi berbagai permasalahan di dunia maupun status peringkat akreditasi nantinya," paparnya dalam sambutannya. 

Ketua Prodi PIAUD, Novita Ashari, M.Pd., juga mengaku bahwa kegiatan-kegiatan seperti ini akan sangat mendukung peningkatan kualitas lembaga. 
"Insyaa Allah kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semua program studi maupun fakultas baik secara emosional maupun spiritual dalam meningkatkan kualitas lembaga dan layak Unggul," ungkapnya. (mm/...)


di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 21 Maret, 2023