Ratusan Calon Mahasiswa Baru Mengikuti Ujian Masuk Jalur Mandiri IAIN Parepare

14 Juli, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare – Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri (PMB-Mandiri) IAIN Parepare merupakan jalur seleksi mahasiswa baru yang sebelumnya telah dilaksanakan Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN). Ratusan calon mahasiswa baru IAIN Parepare melalui penerimaan jalur mandiri ini mengikuti tes seleksi ujian masuk menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) berbasis Computer Based Test (CBT), Tes Baca Tulis Al-Qur’an, dan Tes Wawancara.

Kegiatan ujian masuk digelar selama 3 hari, Senin-Rabu (12-14/07/2021). Panitia membagi sesi sebanyak 9 sesi ujian dengan pembagian 3 sesi dalam satu hari, masing-masing sesi terdiri atas 3 ruang ujian, bertempat di Gedung Perpustakaan Lantai IV untuk Tes Potensi Akademik (CBT) dan Lantai I untuk Tes Wawancara dan Baca Tulis Al-Qur’an, dengan tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan Covid-19.



Pertama-tama peserta mengikuti CBT dengan menjawab 100 soal yang terdiri dari Tes Keislaman, Tes Kemampuan Bahasa, dan Tes Potensi Akademik dengan durasi waktu 90 menit, selanjutnya peserta mengikuti Tes Baca Tulis Al-Qur’an dan Tes Wawancara.

“Pelaksanaan ujian mandiri ini telah dipersiapkan oleh panitia jauh hari sebelumnya. Proses seleksinya sangat ketat diawasi oleh 3 orang pengawas dalam ruang ujian, sedangkan tes wawancara dan baca tulis Al Qur’an dilakukan oleh para pejabat struktural lingkup IAIN parepare,” jelas Sekretaris Panitia Pelaksana Dr.Musmulyadi, M.M. (da/mif)

di dalam Berita
webadmin1 14 Juli, 2021