Rektor Buka Pembekalan PPL FUAD

25 Mei, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare– Sebanyak 380 mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah mengikuti Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Kamis (26/05/22).

Ketua panitia Muhammad Qadaruddin dalam laporannya menjelaskan pembekalan PPL kali ini mengangkat tema “Semangat Menatap Karier, Kokoh dalam Moderasi“.

“Alasannya, agar peserta  dapat menerapkan konsep moderasi saat berada di lokasi PPL, misalnya mahasiswa dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan PPLnya. Intinya  dia tidak liberal dan tidak juga radikal namun berada di tengah-tengah,” ungkap Qadaruddin.

Sementara itu, Dekan FUAD A. Nurkidam menyampaikan bahwa sebagai perguruan tinggi keagamaan  kita adalah corong dari Kementerian Agama dalam menggaungkan moderasi beragama.

“Oleh karena itu, saya berpesan kepada seluruh peserta PPL untuk selalu menjaga nama baik almamater kita sebagai kampus yang islami dan moderat,” pesan Nurkidam.

Setelah itu, kegiatan ini dilanjutkan dengan sambutan rektor sekaligus membuka acara pembekalan secara resmi.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare Hannani menyampaikan bahwa Praktik Pengalaman Lapangan itu, apa yang telah didapatkan mahasiswa ketika di bangku kuliah kemudian diterapkan saat mengikuti PPL.


” Tolak ukur berhasilnya sebuah PPL  itu dilihat jika penerapannya sesuai dengan ilmu yang didapat di bangku kuliah, maka itu dikatakan berhasil, namun jika tidak sesuai penerapannya maka kita perlu melakukan evaluasi,” tegas Hannani.

“Contohnya, Prodi Bimbingan Konseling Islam yang di tempatkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), sebelum turun ke lapangan mahasiswa sudah dibekali pemahaman terkait konsep konseling yang digunakan.  Mahasiswa tidak kebingungan menentukan akan memulai dari mana, jangan sampai mahasiswa yang melakukan pendampingan dengan narapidana pengguna narkoba malah larut dengan suasananya mereka, hanya dikarenakan tidak memahami konsepnya,” lanjutnya.

Oleh karena itu, rektor berharap kepada dekan beserta jajarannya agar menjadikan PPL ini betul-betul dapat menyentuh dan memberikan pengaruh  kepada instansi yang ditempati. Ke depan mahasiswa memiliki  peluang mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi. (Aeny/Mif)

di dalam Berita
Nur Aeni K 25 Mei, 2022