Rektor dan Bendahara Satker IAIN Parepare Hadiri FGD KPPN Kota Parepare

11 Januari, 2024 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare -- Rektor dan Bendahara Satuan Kerja IAIN Parepare mengikuti Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Peningkatan Efektifitas Pengelolaan Pengeluaran Kas dan Implementasi  gerakan Zero Retur yang diselenggarakan di Kantor KPPN Kota Parepare, Kamis (11/01/2024).


Pada kesempatan tersebut, FGD ini dipimpin langsung Kakanwil DJPB Sulawesi Selatan, Supendi dalam arahannya kepada semua instansi menjelaskan untuk bersama sama mendukung gerakan Zero Retur.


Ia menjelaskan kiat-kiat dalam mencegah terjadinya retur, yaitu pembayaran untuk penerima yang bersifat insidentil dan jumlah banyak sebaiknya divalidasi dulu ke pihak bank terkait status keaktifan rekeningnya. 


“Ini bertujuan untuk mencegah adanya rekening Dorm​ant," jelasnya



Supendi juga menjelaskan untuk menghindari pembayaran yang dilakukan di akhir bulan karena berpotensi terjadi retur, sehingga kalaupun terjadi retur bisa dilakukan langkah-langkah penyelesaian.


Lebih lanjut Supendi juga memberikan saran kepada Satker, jika ada pihak bank sebagai mitra satuan kerja (satker) kurang responsif dalam menindaklanjuti permintaan validasi rekening penerima. “Ini bisa menjadi pertimbangan memutus hubungan kemitraan dan bisa menjalin kerjasama baru dengan bank lain,” sarannya.


Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat mencegah terjadinya retur di tahun 2024 dan mewujudkan Zero Retur di KPPN Kota Parepare. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh para Pimpinan Bank se-Ajatappareng dan seluruh Bendahara Pengeluaran dan Kuasa Pengguna Anggaran/Pimpinan satuan kerja di bawah KPPN Kota Parepare. (aen/alf)


di dalam Berita
Nur Aeni K 11 Januari, 2024