Rektor IAIN Parepare : Jangan Pernah Takut Gagal untuk Menjadi Sukses

12 Maret, 2023 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare mencetak 874 wisudawan dan wisudawati program Sarjana dan Magister, Sabtu (11/3/2023) di Auditorium IAIN Parepare. 

Rapat senat terbuka tersebut dihadiri Ketua Senat dan para anggota Senat IAIN Parepare, Rektor, para wakil rektor, para Guru Besar, Kepala Biro AUAK, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan dan Wakil Dekan, para Kepala Lembaga dan Kepala UPT, Ketua Prodi, Dosen, Tenaga Kependidikan, Wisudawan dan Wisudawati, serta Orang Tua Wali Wisudawan dan Wisudawati.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare, Dr Hannani, M.Ag mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua mahasiswa.

"Kepada seluruh orang tua dan wali diucapkan terima kasih dan penghargaan yang setulus-tulusnya, karena telah mempercayakan anak-anaknya selama kurang lebih 4 tahun dibina di IAIN Parepare,” ucap Hannani. 

Lebih lanjut, Hannani memberikan motivasi kepada mahasiswa melalui prinsip hidup seorang tokoh terkemuka yaitu Colin Powell. 

Rektor IAIN Parepare tersebut menjelaskan bahwa bagi Powell, tidak ada rahasia untuk menggapai kesuksesan. Sukses itu, menurutnya, dapat terjadi dari persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan. 

Menyelaraskan dengan perjuangan para alumnus, Hannani, mengungkapkan, “Sukses itu sesungguhnya terjadi karena adanya persiapan. Persiapan yang telah anak-anak ku jalani selama 4 tahun bagi mahasiswa Strata Sarjana dan 2 tahun bagi tingkat Magister. Setelah semua perjuangan ini hal yang dibutuhkan adalah kerja keras, tetapi tidak cukup dengan kerja keras saja, anak-anak ku harus tetap belajar dan harus tetap waspada dengan potensi-potensi kegagalan dan rintangan yang ada.“

Hannani juga menjelaskan sosok Wisnton Churcill yang perpektif hidupnya harus dicontoh. “Bagi Churcill sukses bukanlah final, kegagalan bukanlah hal yang fatal, keberanian untuk melanjutkan yang diperhitungkan," ungkap Ketua PC Nahdlatul Ulama Kota Parepare ini.

“Anak-anak ku ketika menjadi sukses itu bukanlah hal final. Jika anak-anakku mengalami kegagalan yang fatal, sesungguhnya itu adalah keberanian untuk melanjutkan kesuksesan berikutnya,” ucap Hannani. 

Terdapat pula pandangan hidup Elion Musk, lanjut Hannani, yang menganggap bahwa jika terdapat peluang penting kamu harus mencobanya meskipun kemungkinan kamu akan gagal. "Jadi lakukan sesuatu dengan berani maka kamu tidak akan menyesalinya," ujarnya.

“Jangan pernah kalian berhenti mencoba walaupun pada akhirnya kalian mengalami kegagalan, karena seseorang akan sukses jika kalian mau menginvestasikan waktu lebih dari biasanya untuk bekerja, bisa dilihat dari Elion Musk dengan kekayaan yang sangat luar biasa, tetapi tetap menginvestasikan waktunya untuk bekerja selama 22 jam setiap hari,” ungkap Hannani.

Saat gagal, sambung Hannani, maka kamu harus memulai lagi dengan cara yang lebih cerdas. “Bahwa kegagalan yang kalian temukan nanti akan menjadi cara cerdas untuk menyelesaikan masalah-masalah berikutnya," tutur Rektor IAIN Parepare. 

Hannani juga mengutip pesan Buya Hamka, "Jangan takut gagal karena orang yang tidak pernah gagal hanyalah orang yang tidak pernah melangkah."

“Anak-anak ku semuanya harus berani untuk melakukan sesuatu, mencoba sesuatu, melakukan praktik, jangan pernah takut untuk melakukannya,” tandas Hannani.

Hannani menyampaikan ini hal penting. "Semuanya jangan takut untuk menikah, karena menikah itu pembuka pintu rezeki, percaya saja jangan takut kekurangan. Karena Allah yang akan membuat kamu tercukupi. Jika kalian menikah, itu akan lebih mudah masuk surga," kata Hannani. 

“Selamat dan sukses dari kami para dosen yang senantiasa mendoakan mu. Atas nama para Dosen dan Tenaga Kependidikan, saya mengucapkan permohonan maaf yang sedalam-dalam dan setulus-tulusnya jika selama di IAIN Parepare terdapat hal yang mungkin kurang berkenan di hati. Semoga segala hal yang telah dilalui menjadi proses pendewasaan. Sekarang kalian sudah semakin siap untuk memasuki dunia yang sesungguhnya yaitu kembali berkiprah di masyarakat,” ujar Hannani. (aw/sr/alf)

di dalam Berita
Hayana 12 Maret, 2023