Sekretaris LPM Hadiri Workshop Asesor Rekognisi Pembelajaran Lampau di UNM

21 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare_Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM)Islamul Haq menghadiri kegiatan Workshop Asesor Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) tahun 2023 di Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin-Selasa, (13-14/03/23).

Kegiatan ini, dilaksanakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi. Sekretaris LPM ditugaskan oleh pimpinan institut dengan harapan dari workshop ini IAIN Parepare bisa belajar tentang rekognisi pembelajaran lampau, sehingga ke depannya bisa diterapkan di IAIN Parepare.

Islamul Haq mengatakan setelah mengikuti workshop ini, LPM akan melakukan finalisasi pedoman RPL dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait tentang RPL. 

"Program RPL ini memiliki keunggulan tersendiri sebab mahasiswa bisa lulus lebih cepat dan biaya kuliah yang lebih murah, " tambah Islamul Haq. 

Namun, ia tidak menafikan jika tantangan penerapan RPL membutuhkan persyaratan dokumen, seperti Peraturan Akademik yang memuat RPL, pemenuhan data SPMI Dikti (hanya prodi yang terakreditasi B yang dapat melaksanakan program ini). 

Untuk diketahui, Rekognisi Pembelajaran Lampau merupakan penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi. RPL ini memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Untuk mendukung program ini, Rektor IAIN Parepare mengutus perwakilan LPM mengikuti workshop tersebut sembari menyiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan dalam kebijakan dan pelaksanaannya. (Mhy/Tin)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 21 Maret, 2023