Sosialisasi Platform Merpati: Wujud Komitmen Laksanakan MBKM Pertukaran Pelajar

12 Februari, 2024 oleh
mahyuddin

Humas IAIN Parepare_Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Parepare melaksanakan kegiatan sosialisasi Platform Merpati untuk MKBM, Rabu, (07/02/2024). Kegiatan dilaksanakan di Gedung LPM yang dihadiri Wakil Rektor I, Ketua LPM, para Wakil Dekan I beserta ketua program studi serta staff bidang akademik masing-masing fakultas lingkup IAIN Parepare.

Nurleli, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan SDM pada LPM selaku PIC MBKM menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi kepada segenap pimpinan fakultas dan para ketua prodi terkait jadwal MBKM di PTKIN agar mengikutkan perwakilan mahasiswa serta menawarkan mata kuliah pada program ini.

“Kita berharap semua ketua program studi untuk menawarkan maksimal 5 mata kuliah kompetensi program studi dengan kuota peserta kelas minimal 5 orang mahasiswa pada Platform Merpati Kemenag agar mahasiswa kampus lain bisa ikut program MKBK di kampus IAIN parepare atau sebaliknya,” ungkap Nurleli.

Aplikasi Merpati adalah sebuah portal yang dikelola oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk program Merdeka Belajar pada PTKI. Setelah menawarkan mata kuliah MBKM di platform ini, diharapkan ada mahasiswa dari luar IAIN Parepare yang mengikuti perkuliahan secara online pada beberapa program studi yang menawaarkan mata kuliah MBKM.

Sementara itu, Wakil Rektor I IAIN Parepare H. Saepudin mengatakan, kegiatan pertukaran pelajar melalui MBKM ini merupakan ajang untuk bisa mengimplementasikan kerja sama di bidang pendidikan dan meningkatkan motivasi serta pengalaman belajar mahasiswa pada kampus-kampus besar di PTKIN.

Pertukaran pelajar melalui platform Merpati penting untuk diikuti karena merupakan perintah langsung dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Agama. Untuk itu, diharapkan partisipasi setiap fakultas untuk mengikuti program tersebut.

“Saya berharap banyak mahasiswa IAIN Parepare yang diterima kuliah di PTKIN lain dan begitupun sebaliknya banyak mahasiswa dari PTKIN lain yang diterima untuk melaksanakan perkuliahan di IAIN Parepare,” ungkap Wakil Rektor I (Mhy/Mif).





di dalam Berita
mahyuddin 12 Februari, 2024