Studi Wisata Budaya Prodi SPI, Kenalkan Sumber Sejarah Sulsel

10 Juli, 2021 oleh
webadmin1

IAINParepare – Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Parepare melaksanakan Studi Wisata Budaya dengan tema “Mengenal dan Menelusuri Kebudayaan dan Sejarah Masyarakat Sulsel” yang dilaksanakan di Makassar, Kamis (08/0/2021).


Adapun tempat Studi Wisata Budaya, yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan, Benteng Rotterdam Makassar, dan Museum La Galigo. Kegiatan diikuti oleh Mahasiswa SPI angakatan 2018.

Dosen Sejarah Peradaban Islam Ahmad Yani yang juga dosen pembimbing lapangan dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa terkait sumber sejarah dan budaya, khususnya sejarah dan budaya di Sulawesi Selatan. “Penelusuran sumber sejarah ini adalah bekal awal mahasiswa dalam mengajukan judul penelitian bagi mahasiswa SPI,” ungkapnya.

Ahmad Yani menambahkan bahwa instansi yang dikunjungi pastinya berkaitan dengan kaprodian, misalnya di Dinas Perpustakaan dan Kearsipaan Perpustakaan Sulawesi Selatan yang mengoleksi ratusan arsip yang bisa dijadikan sebagai sumber sejarah, sama halnya di Balai Pelestarian cagar budaya dan Museum La Galigo yang banyak mengoleksi peninggalan Sulsel yang bisa juga dijadikan sumber dalam penelitian sejarah.

Mahasiswa SPI Muh. Ishar yang ikut dalam kegiatan Studi Wisata Budaya ini menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai dasar dalam mengajukan judul penelitian.

“Penelusuran sumber-sumber sejarah di tiga tempat tersebut sangat menambah wawasan dan literatur bagi kami untuk memperdalam cakrawala ilmu bagi kami mengenai sejarah Sulsel dan juga berguna sebagai bekal kami nantinya dalam mengajukan judul penelitian sejarah,” jelasnya. (Hm/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 10 Juli, 2021