Tadris IPS Pembekalan MBKM di Pesantren Rahmatul Asri Enrekang

14 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare- Program Studi (Prodi) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melaksanakan program Pembekalan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mahasiswa di Pondok Pesantren Rahmatul Asri Enrekang, Senin (13/03/2023).

Kegiatan ini diarahkan langsung oleh Ketua Prodi (Kaprodi) Tadris IPS Ahdar yang didampingi oleh dosen Tadris IPS yang juga merupakan Kepala Pusat Akreditasi Nurleli Ramli. 

Pada program ini, Tadris IPS mengutus empat mahasiswa untuk menjalani proses MBKM di Pesantren Rahmatul Asri. Ahdar mengaku bahwa keempat mahasiswa tersebut akan tinggal selama empat bulan dan ikut serta membantu seluruh kegiatan kepesantrenan yang ada. 

Saat kegiatan pembekalan, turut hadir mendampingi Pimpinan Pondok Pesantren Rahmatul Asri, Ustaz Cep Kurnia yang akrab disapa Ustad Cep. Ia menyambut baik program ini dan mengaku senang bisa bekerja sama dengan kampus IAIN Parepare. 

"Kami sangat mengapresisasi kegiatan seperti ini. Untuk selanjutnya, mudah-mudahan mahasiswa-mahasiswi ini dapat berproses dan mendapat binaan pondok. Kami harap mereka bisa mengaplikasikan pengetahuan sains dan sosial mereka di lingkungan pondok," sambut Ustad Cep. 

Pembina pesantren yang mendampingi pun turut menyampaikan rasa syukur dan bangga atas program ini. "Kami sebagai pembina di sini merasa senang dengan adanya program-program seperti ini. Mahasiswa-mahasiswi ini pastinya akan bisa membantu segala kegiatan kami di pondok. Baik dari segi keagamaan maupun kegiatan pendidikan formal santri," ungkap salah satu pembina pesantren. 

Kaprodi Tadris IPS Ahdar juga berharap mahasiswa mengikuti program ini secara tuntas dan tepat sasaran. "Kami harapnya, selama empat bulan itu mahasiswa dapat melaksanakan tugas secara maksimal. Kami juga meminta mereka agar menyosialisasikan program andalan Tadris IPS. Sehingga santri-santri di sana dapat memilih Tadris IPS IAIN Parepare sebagai pilihan lanjut mereka nantinya," ujar Ahdar saat dikonfirmasi. (mm/mif)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 14 Maret, 2023