Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Artikel Bereputasi, Prodi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Adakan Webinar

6 Agustus, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare–Prodi Tadris Matematika IAIN Parepare menggelar Webinar dengan tema Workshop on Writing Research Articles Publication in Reputable Internasional Journal . Kegiatan yang dilaksanakan Kamis, 5 Agustus ini, menghadirkan pemateri Prof. Dr. Abdurrahman As’ari, M.A.,M.Pd (Guru Besar Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang) dan Dr. Rully Charitas Indra Prahmana,M.Sc. (Associate Professor Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)

Workhsop ini, dihadiri oleh kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari dosen, guru, mahasiswa pascasarjarna, dan mahasiswa strata-1 baik dari IAIN Parepare maupun dari Perguruan Tinggi lain.

Pada sesi pembukaan webinar, hadir Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Saepudin, MPd., Wakil Dekan I dan II Fakultas Tarbiyah, dan Ketua Prodi di lingkup IAIN Parepare.

Dr. Buhaerah, M.Pd. selaku ketua panitia sekaligus Ketua Prodi Tadris Matematika berharap bahwa melalui kegiatan ini dapat menambah kuantitas mahasiswa dan dosen dalam menulis artikel ilmiah yang nantinya dapat dipublikasikan di jurnal bereputasi.
“Menulis menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa dan dosen untuk membagikan ide, menyelesaikan permasalahan, menambah ilmu pengetahuan. Menulis sangat berkaitan erat dengan publikasi. Hasil penelitian seseorang dapat dilihat oleh masyarakat umum melalui adanya publikasi,”ungkapnya.


“Semoga webinar ini dapat menambah kapasitas Dosen dan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah yang nantinya dapat dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi,” tambah Ketua Prodi Tadris Matematika tersebut.

Sementara itu, dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah, H. Saepudin menjelaskan pentingnya publikasi ilmiah.
“Secara akademik, publikasi berguna untuk presentasi suatu seminar, hibah penelitian, dan lain sebagainya. Sedangkan secara non akademik publikasi digunakan untuk kontribusi lapangan, pertimbangan untuk promosi serta reputasi,” pungkasnya.

“Namun, di sisi lain kita harus lebih berhati-hati di dalam mempublikasikan artikel ilmiah di jurnal nasional karena semakin banyaknya jurnal predator. Semoga melalui seminar ini, dapat menambah wawasan kita di dalam menulis artikel ilmiah dan memilih jurnal yang bereputasi baik, sehingga nantinya dapat berdampak kepada kualitas lembaga,” harapnya.

Mempublikasikan artikel di jurnal bereputasi merupakan tugas dan tanggungjawab seorang dosen di dalam Tridharma perguruan tinggi. Selain itu, publikasi di jurnal bereputasi akan menunjukkan kualitas lembaga. Bukan hanya itu, publikasi di jurnal internasional, juga dapat menjadi ajang promosi kampus di dalam menjajaki kerjasama internasional dengan kampus lain. Hal yang harus dilakukan dosen atau mahasiswa dalam mempublikasikan paper dalam jurnal adalah menyiapkan manuskrip, mengidentifikasi langkah penting dalam penerbitan, mencari jurnal yang tepat, menerbitkan makalah ke jurnal yang terindeks oleh Scopus atau WoS. Hal tersebut disampaikan Prof. Abdurahman As’ari, Guru Besar Pendidikan Matematika dari Universitas Negeri Malang

Sementara pada sesi kedua, Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, Asisote Professor Universitas Ahmad Dahlan yang saat ini sudah memiliki 65 Dokumen pada Scopus menjelaskan 4 hal utama dalam pemaparan materinya.
Pertama, Didactic Trajectory on Academic Writing atau lintasan belajar di dalam menulis artikel ilmiah. Kedua, membahas tentang bagaimana step by step menulis artikel ilmiah yang baik, berdasarkan data yang diperoleh.
Ketiga, menjelaskan bagaimana menemukan dan mengindentifikasi jurnal yang baik.
Keempat, menjelaskan persiapan yang baik guna mendapatkan hasil yang maksimal.

di dalam Berita
webadmin1 6 Agustus, 2021