TIPD dan  Perpustakaan IAIN Parepare Menyambut Benchmarking IAIN Ternate

29 Maret, 2023 oleh
sirajuddin

Humas IAIN Parepare- Rabu (29/03/2023) Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Parepare sebagai pusat layanan informasi dan koleksi menerima kunjungan Benchmarking Pengelola Pusat Perpustakaan, Isji Hardi, serta  Pengelola Pusat Teknologi dan Pangkalan Data Institut Agama Islam Negeri Ternate, Sudarman.

Kunjungan yang diterima langsung Kepala Perpustakaan Sirajuddin dan Kepala Teknologi Informasi dan Pangkalan Data Sufyaldi terlaksana di Ruang Rapat Perpustakaan, Lantai 1 IAIN Parepare.

Dalam sambutan yang berlangsung sederhana ini, Kepala Perpustakaan dan Kepala TIPD secara bergantian memberikan tanggapan dan penjelasan mengenai pertanyaan yang diajukan dua delegasi IAIN Ternate.

Sirajuddin menjelaskan tentang kondisi perpustakaan dan layanan yang diselenggarakan di perpustakaan  IAIN Parepare.

“Perpustakaan IAIN Parepare saat ini memaksimalkan lima lantai perpustakaan dengan beragam jenis layanan langsung dan online. Hal imi terus dimaksimalkan untuk kepentingan pemustaka yang terdiri dari civitas academica dan tenaga kependidikan IAIN Parepare,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sirajuddin menggambarkan layanan yang diselenggarkan oleh perpustakaan. “Layanan berbasis slim dan repository juga terus kami kembangkan selain layanan langsung yang bisa disaksikan saat ini,” tandasnya.

Dalam pertemuan sederhana ini, delegasi IAIN Ternate secara bergantian menanyakan dan bertukar pengalaman tentang pengelolaan perpustakaan dan pangkalan data.

Sudarman selaku fungsional pranata komputer sekaligus pengelola pangkalan data menanyakan infrastruktur jaringan fiber optic yang dikembangkan di internal IAIN Parepare. Selain itu, teknologi cloud server yang selama ini digunakan sebagai platform server dan aplikasi di IAIN Parepare.

“Sejak tahun 2010 seluruh gedung  IAIN Parepare sudah terhubung dengan jaringan backbone fiber optic untuk memperluas akses internet dan intranet. Layanan bandwith saat ini bermitra dengan dua provider nasional. Telkom dan Indonesia Comnet Plus,” jelas Sufyaldi. 

Lebih lanjut, Sufyaldi menyampaikan kondisi infrastruktur aplikasi IAIN Parepare." Untuk meningkatkan kinerja dan standar keamanan sebagian besar infrastruktur aplikasi di IAIN Parepare saat ini sudah dimigrasikan ke arsitektur cloud dan secara bertahap diintegrasikan ke Pusat Data Nasional (PDN), karena saat ini Kementerian Kominfo sudah menyiapkan infrastruktur server dan jarigan  untuk digunakan oleh seluruh unit kerja”  tutupnya. (srj/mif)


di dalam Berita
sirajuddin 29 Maret, 2023