Untuk Menghasilkan Pembina yang Bertanggung Jawab Dan Berkualitas Racana Makkiade’ - Malebbi Gelar Kursus Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang 2023

15 Maret, 2023 oleh
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare- Racana Makkiade’ - Malebbi menggelar Kursus Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang 2023. Kegiatan ini berlangsung di Aula Serbaguna IAIN Parepare Senin-Minggu, 13-19 Maret 2023. Adapun yang terlibat di kegiatan ini yakni, Anggota Racana Makkiade’ - Malebbi IAIN Parepare dan Anggota Racana IAI As adiyah Sengkang, Mahasiswa UNM Kampus V Parepare.

Fathurrahman Muhammad selaku ketua dewan putra Racana Makkiade’ - Malebbi berharap agar peserta yang lulus dalam kegiatan ini dapat menjadi pembina yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. “Harapan saya selaku ketua dewan Racana Makkiade' - Malebbi tentunya berharap agar kakak-kakak peserta yang nantinya lulus dalam kegiatan KMD ini betul-betul dapat mengimplementasikan materi-materi yang telah di dapatkan. Agar nantinya dapat menjadi pembina yang betul-betul bertanggung jawab dan dapat dipercaya, sesuai dengan dasa dharma Pramuka yang ke 9. “ ujar Fathur.

Muhammad Zaenal Abidin menjadi salah satu peserta yang berasal dari Institut Agama Islam As'adiyah Sengkang mengatakan, “Jadi pendapat saya mengenai kegiatan KMD (Kursus Mahir Dasar) Tingkat Penggalang ini yang dilaksanakan di kampus IAIN Parepare selama 1 Pekan atau tanggal 13 -19 Maret 2023 sangat bermanfaat bagi kakak-kakak yang ingin melanjutkan Kepramukaanya lebih jauh lagi atau jenjang yang lebih tinggi lagi, Karena di KMD ini kita dilatih pelatihan dasar kepramukaan. Karena dasarnya memang kita dibimbing atau dilatih untuk jadi Pembina, dan sangat bermanfaat juga kita terapkan di peserta didik (murid-murid) ketika kita menjadi guru di sekolah-sekolah karena banyak metode-metode pengajar yang bisa kita terapkan” ungkap Zaenal.


Zaenal melanjutkan, “Dan Kami dari Racana IAI As'adiyah Sengkang bisa ikuti jejaknya kakak-kakak Racana IAIN Parepare untuk buat kegiatan KMD di pangkalan kami, karena di pangkalan kami belum pernah buat kegiatan KMD makanya ini juga tujuan inti kami ikut supaya bisa sharing-sharing sama kakak-kakak tentang pembuatan KMD dan bisa terjun langsung melihat mekanismenya saat kegiatan KMD berlangsung. Dan yg paling penting silaturahmi antara Racana IAI As'adiyah Sengkang dan Racana IAIN Parepare terjalin lebih erat lagi”. (ska/...)

di dalam Berita
Ahmad Zuhudy Bahtiar 15 Maret, 2023