Wakil Rektor I : Turnitin Sebuah Langkah Maju dalam Berkarya Tanpa Plagiarisme

20 Mei, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare- Perpustakaan IAIN sebagai lembaga informasi memiliki tanggung jawab penuh terhadap keterbaruan informasi khususnya bagi hasil karya tulis dosen dan mahasiswa. Hal ini menjadi salah satu penguatan dilaksanakannya Bimbingan Teknis Penggunaan Turnitin Similarity yang dilaksanakan secara daring, Rabu (20/05/2021).

Dalam laporan Kepala Perpustakaan, Dr. Usman Noer menyampaikan terima kasih kepada para hadirin yang terdiri dari Wakil Rektor I Bagian APL Dr. Sitti Jamilah Amin mewakili Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan yang tidak sempat hadir, para Wakil Rektor, Kepala Biro Kepegawaian, para Dekan dan Wakil Dekan, para dosen dan tenaga kependidikan IAIN Parepare dan terkhusus pada pemateri Nisrina Rifa Salma asal Bandung yang saat ini berkecimpun di Buana Group company-Training & Product Spesialist.

Mendapat kesempatan dari co Host Reski Fani, S. S., MM. Usman melaporkan pengelolaan Turnitin di IAIN Parepare saat ini. “Ini yang pertama kali IAIN Parepare berlangganan software Turnitin dan Perpustakaan IAIN Parepare diberi kewenangan untuk mengelola Turnitin ini. Hal dimaksudkan untuk meningkatkan khasanah layanan perpustakaan dengan tujuan menghasilkan karya tulis terbaik jauh dari tindakan plagiat,” ujar Dr. Usman Noer.

“Beberapa lembaga dan kementerian sudah menggunakan Plagiarism Check melalui Turnitin, dan terkhusus untuk lembaga IAIN Parepare diharapkan lahirnya karya tulis terbaik yang bertaraf nasional bahkan internasional dan orientasi bimbingan online ini untuk memupuk cara berpikir logis jujur dan kreatif,“ lanjut Usman.

Wakil Rektor I bagian APL Dr. Sitti Jamilah Amin memberikan sambutan sekaligus membuka langsung kegiatan Bimbingan Teknis Penggunaan Turnitin Similarity. Warek I berpesan tentang upaya pencegahan tindakan plagiarisme dan mengapresiasi langkah Perpustakaan IAIN Parepare sebagai pelaksana bimbingan Turnitin ini.

“Kita selama ini hanya menempel ke UIN Malang dalam hal mendeteksi plagiarisme dan tahun ini kita diberikan anggaran untuk bisa berlangganan Turnitin yang dikelola oleh unit perpustakaan, melalui aplikasi ini tindakan plagiarisme terkhusus di tingkat mahasiswa dinilai riskan. Hal yang paling penting melakukan check Turnitin, para dosen bisa bekerja secara jujur termasuk masalah masalah pemenuhan akreditasi,” tutur Dr. Sitti Jamilah Amin.


Materi bimbingan teknis penggunaan Turnitin oleh Nisrina Rifa Salma banyak menampilkan jendela platform Turnitin dan menjelaskan secara teknis penggunaan Turnitin. Pemateri juga menjawab langsung beberapa pertanyaan dari dosen yang diarahkan oleh Subhan Saleh, S. Kom., MT. selaku moderator acara.

Pertanyaan pertama dari Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum Islam Dr. Kamal Subair yang mempertanyakan keunggulan dari Turnitin ini dalam menjamin pencegahan tindakan plagiarisme. Hal senada juga dipertanyakan oleh beberapa dosen sebagai perwakilan dari setiap fakultas.

Pada closing statement , Wakil Rektor I menyampaikan terima kasih kepada pemateri, panitia pelaksana dan para peserta. “Mohon jangan bosan untuk berbagi ilmu kepada kami di lembaga IAIN Parepare terutama dalam hal pengelolaan Turnitin ini, dan untuk segenap peserta bimbingan kita memiliki batas jumlah akun untuk dibagikan, tentu tidak mampu memenuhi keinginan semua peserta. Akun dibatasi untuk homebase saja dan saya berharap operasional Turnitin ini menjadi kebiasaan untuk dihasilkannya karya yang jauh dari tindakan plagiarisme,” tutupnya. (srj/mif)

di dalam Berita
webadmin1 20 Mei, 2021