Wisuda 800 Mahasiswa, Rektor IAIN Parepare; Jangan Pernah Berhenti Belajar dan Harus Produktif

17 Februari, 2024 oleh
Hayana

Humas IAIN Parepare--- IAIN Parepare menggelar wisuda periode 1 tahun 2024. Sebanyak 800 wisudawan/wisudawati dikukuhkan sebagai sarjana dan magister oleh Rektor IAIN Parepare Prof. Dr. Hannani. Acara wisuda itu diselenggarakan di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Sabtu (17/2/2024).


Adapun wisudawan/ti yang dikukuhkan di antaranya magister sebanyak  71 orang dan sarjana sebanyak 729 orang dari 4 fakultas yakni Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) serta Fakultas Tarbiyah (Faktar).


Dari 800 wisudawan/ti tersebut, sebanyak 5 wisudawan berhasil meraih predikat lulusan terbaik dan 1 wisudawan terinspiratif. Pertama, Citra Dewi (Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Pascasarjana) dengan IPK 3.93 masa studi 1 tahun 10 bulan; kedua Aidzullah (Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah) dengan IPK 3.99 masa studi 3 tahun 4 bulan; Ketiga, Mutiara. M (Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Hukum) dengan IPK 4.00 masa studi 3 tahun 3 bulan 6 hari; ke empat Fidia Harfiana (Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam) dengan IPK 3.77 masa studi 3 Tahun 2 Bulan 20 hari; Kelima, Bilgis Abdullah (Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah) dengan IPK 3.97 dan wisudawan terispiratif, Reski (Program Studi Akuntansi Lembaga keuangan Syariah).



Dalam sambutannya, Rektor IAIN Parepare Prof. Dr. Hannani menyampaikan bahwa wisudawan hari ini menjadi wisudawan terbanyak yakni 800 wisudawan. 


“Hari ini, Alhamdulillah anak-anakku menjadi sarjana, saya berharap semua lebih berhasil tahun ini, dan mulai besok semua pamit kepada orang tuanya, pergi merantau dan kembali saat sudah sukses,” ucap Hannani dengan canda tawa.


Lebih lanjut, Hannani berpesan bahwa sekalipun sudah menjadi sarjana, tapi jangan pernah berhenti belajar, belajar terus dan tetap menjadi produktif.


“Bacalah kira-kira apa yang menjadi orientasi utama setelah menjadi sarjana, berpikir terus apa yang menjadi fokus, konsen apa yang dikembangkan,” ucap Hannani.


Di akhir sambutannya, Hannani menjelaskan 7 karakter alumni yang harus dipegang. Pertama disiplin, kedua, semangat kebangsaan, ketiga bertanggungjawab, keempat religious, kelima toleransi, keenam komunikatif, dan terakhir kreatif.


Imran Akbar, Prodi Tadris Bahasa Inggris, salah satu wisudawan pascasarjana mengungkapkan bahwa wisuda periode 1 tahun 2024 ini sangat berkesan dan sangat luar biasa.


"Alhamdulillah, akhirnya saya bisa sampai di titik ini, yaitu wisuda. Ini sangat luar biasa untuk sampai pada titik ini, tentunya ada suka, dan ada duka, tetapi terlepas dari pada itu, sifat pantang menyerah dan kebutuhan ilmu pengetahuan yg menjadi pondasi terhadap kegigihan saya untuk sampai pada moment ini, yaitu wisuda," kata Imran Akbar.


“Harapan saya, adalah semoga kampus saya tercinta bisa mencetak mahasiswa yg berkompeten di bidang masing-masing dan tentunya bersaing dengan perguruan-perguruan besar khususnya di Indonesia, karena kalau PTKIN di Indonesia Timur sudah nomor satu mi dan tentunya sebagai lulusan dari IAIN Parepare ini, saya sangat bersyukur menjadi bagian dari pada kampus ini, dan menjadi tanggung jawab bagi saya untuk menjadi cerminan sebagai sosok yang Malebbi Warakkadanna, Makkiade' Ampena,” tutup Imran Akbar. (hrt/alf)

di dalam Berita
Hayana 17 Februari, 2024