Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi Prodi Manajemen Keuangan Syariah

25 Oktober, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare- Program Studi Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam menggelar Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi pada Sabtu, 23 Oktober 2021 pukul 08.00 WITA, di Perpustakaan Lantai 4 IAIN Parepare.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan Dr. H. Sudirman L., M.H. ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. Muh. Kamal Zubair, M.Ag., Ketua Prodi Manajemen Keuangan Syariah Dr. Damirah, M.M., para dosen dalam lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan mahasiswa Prodi Manajemen Keuangan Syariah (peserta Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi).


Seminar tersebut diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa terkait penyusunan laporan keuangan dengan lebih mudah dan tersistem.

Laporan keuangan adalah dokumen terstruktur yang berisi catatan posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas. Workshop penyusunan laporan keuangan ini diharapkan dapat menjadi bekal mahasiswa untuk terjun dalam dunia kerja nantinya. Pemateri pada kegiatan ini adalah Dr. Muhammad Idris, S. E., M.Si. (Dosen Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia) dan Andi Baso Muqsith Tenry Pamory, S.E. (Praktisi di bidang Perbankan Syariah dan juga Branch Manager BSI KC Parepare).


Pemateri pertama menyampaikan materi tentang Alur Penyusunan Laporan Keuangan yang Simpel. Pemateri pertama menjelaskan tentang langkah penyusunan laporan keuangan dengan simpel di antaranya dengan mengumpulkan, mencatat transaksi pada jurnal, memasukkan jurnal ke buku besar, membuat neraca saldo, mengumpulkan data untuk menyusun jurnal penyesuaian, membuat neraca lajur, dan menyusun laporan keuangan. Untuk memudahkan dalam menyusun laporan keuangan narasumber membagi aplikasi penyusunan laporan keuangan agar lebih praktis dengan software akuntansi.

Pemateri kedua Andi Baso Muqsith Tenry Pamory, S.E., menyampaikan materi tentang Praktik Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi. Beliau menjelaskan langsung mengenai format penyusunan laporan keuangan syariah berbasis aplikasi yang tersedia dalam Bank Syariah Indonesia.


“Membangun ekositem syariah penting di mana kita adalah negara yang mayoritas muslim terbesar di dunia. Salah satu upaya dalam membangun ekosistem syariah melalui penguatan bisnis-bisnis syariah. Bisnis syariah kini telah dilirik dunia dan menjadi tren syariah dari segala aspek, untuk itulah menjadi potensi ekonomi yang akan berkembang nantinya, tentunya wadah ini akan membutuhkan SDM berbasis keilimuan syariah, inilah tantangan utnuk adik-adik mahasiswa sekalian,” ungkapnya.


Panitia mengharapkan dengan adanya kegiatan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi tersebut maka akan ada peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama di bidang penyusunan laporan keuangan sebagai bekal mahasiswa untuk terjun di dunia kerja nantinya. (Ar/Tin)

di dalam Berita
webadmin1 25 Oktober, 2021