97 Judul Penelitian Diseminarkan Proposal Penelitian Dosen IAIN Parepare

3 January, 2024 by
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare---Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar seminar proposal penelitian dosen pada Kamis (2910/2023). Kegiatan ini berlangsung di Gedung Perpustakaan Lantai V IAIn Parepare, dengan 97 ajuan judul proposal dari berbagai Program Studi di IAIN Parepare. 

Seminar proposal penelitian ini bertujuan untuk memberikan umpan balik, dan masukan dari para reviewer terhadap proposal penelitian yang diajukan oleh para dosen. Hal ini penting untuk memastikan bahwa proposal penelitian tersebut sudah memenuhi kaidah-kaidah penelitian yang baik dan layak untuk dilaksanakan. Dua reviewer eksternal, Fahmi Gunawan dan Abdul Syatar, dan dua reviewer internal, Fikri dan Abdul Halik, dihadirkan dalam seminar proposal ini.


Kepala Pusat Penelitian menyampaikan jumlah peneliti yang mendaftar sebanyak 115 judul penelitian, yang terbagi atas beberapa kluster, untuk kluster pembinaan/kapasitas sebanyak 48 judul, penelitian dasar Program Studi 48 judul, 29 judul pada kategori interdisipliner, 5 judul pada terapan kajian strategis nasional, kolaborasi perguruan tinggi 4 judul dan kolaborasi internasional 2 judul.

"setelah melakukan seleksi administrasi dan substansi, kami menetapkan sebanyak 97 judul penelitian dapat melanjutkan ketahap selanjutnya yaitu seminar proposal penelitian" ujarnya.

Selain itu dalam acara pembukaan, Ketua LP2M IAIN Parepare, M Ali Rusdi menuturkan bahwa seminar proposal penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penelitian di IAIN Parepare.

"Seminar proposal penelitian ini menjadi wadah bagi para dosen untuk mendapatkan masukan dan saran dari para pakar, sehingga proposal penelitian yang diajukan menjadi lebih baik dan berkualitas," kata M. Ali Rusdi.

Pada seminar proposal penelitian ini, para dosen mempresentasikan proposal penelitian mereka di hadapan para reviewer dari berbagai bidang ilmu. Para reviewer kemudian memberikan umpan balik dan masukan terhadap proposal penelitian tersebut.


Fahmi Gunawan salah satu reviewer dalam seminar ini menuturkan bahwa, "Proposal penelitian harus disusun dengan sistematis dan logis. Selain itu, proposal penelitian juga harus memiliki kebaruan dan orisinalitas," ujarnya




Seminar proposal penelitian diikuti oleh 97 judul penelitian selama dua hari, Kamis-Jumat 28-29 Desember 2023. Harapan LP2M IAIN Parepare adalah seminar proposal penelitian ini akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di IAIN Parepare. Selain itu, LP2M IAIN Parepare berharap bahwa penelitian yang dilakukan oleh para dosen dapat membantu kemajuan masyarakat dan ilmu pengetahuan. (Fzs/Srh/Tin)


in News
fikruzzamansaleh 3 January, 2024

Read Next
Mispala