Evaluasi Pelaksanaan Tracer Study Tahun 2023: Fokus Peningkatan Kualitas Layanan

1 May, 2024 by
mahyuddin

Humas IAIN Parepare – Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni pada LPM menggelar rapat evaluasi pelaksanaan tracer study, Senin (11/12/2023) di Café Logata Parepare. Kegiatan sebagai bagian dari upaya terus menerus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan melalui penelusuran lulusan (tracer study) lingkup IAIN Parepare tahun 2023.

Hadir dalam rapat ini Wakil Rektor I, H. Saepudin, Wakil Rektor III M. Ali Rusdi, Kepala Biro AUAK, H. Muhdin, Ketua LPM Muhammad Qadaruddin serta Tim Career Development Center IAIN Parepare.

Salah satu rangkaian kegiatan dalam evaluasi ini adalah presentasi hasil tracer study 2023 oleh Tim Career Development Center, yang dilakukan untuk memberikan gambaran tentang kualitas data dan temuan yang telah diperoleh.

Wakil Rektor III M. Ali Rusdi, menjelaskan bahwa tracer study ini telah dilaksanakan setiap tahun dan terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitasnya. "Tracer study ini adalah upaya untuk menelusuri jejak lulusan IAIN Parepare, yang dibutuhkan untuk memastikan lulusan kita benar-benar terserap di dunia kerja," ungkapnya.

Menyoroti instrumen yang digunakan, M. Ali Rusdi menyampaikan bahwa instrumen harus sesuai dengan standar yang referensinya adalah instrumen tracer study DIKTI.

Sementara itu, Mahyuddin, Kepala Pusat Pengembangan Mutu, Karier Mahasiswa dan Alumni LPM mengatakan LPM terus berkomunikasi dengan pihak TIPD sebagai perpanjangan tangan PT. SEVIMA untuk memperbaiki istrumen tracer study.

“Untuk memastikan kevalidan, kemudahan penggunaan, dan kemudahan akses, maka kami meminta kepada pengembang karierlink untuk memudahkan para alumni dalam mengisi tracer," jelasnya.

Lebih lanjut, Mahyuddin menegaskan pentingnya partisipasi responden dalam tracer study ini. "Partisipasi yang tinggi sangat penting untuk memastikan representativitas data. Oleh karena itu, kami juga mengukur response rate sebagai indikator keberhasilan tracer study," tambahnya.

Dalam pertemuan ini juga terdapat sejumlah masukan berharga untuk penyempurnaan pelaksanaan tracer study di tahun berikutnya seperti umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan dapat dijadikan dasar perbaikan layanan termasuk perbaikan kurikulum, instrumen tracer study menyesuaikan instrumen BAN-PT, LAMEMBA, dan LAMDIK, peningkatan layanan mahasiswa dan alumni serta memusatkan instrumen tracer study pada Karirlink IAIN Parepare yang terintegrasi dengan SISFO kampus.

Dengan adanya evaluasi ini, diharapkan pelaksanaan penelusuran alumni dan pengguna lulusan IAIN Parepare di masa depan dapat lebih baik lagi, sehingga dapat memberikan data yang lebih akurat dan bermanfaat bagi pengembangan kualitas layanan pendidikan di IAIN Parepare (Mhy/Mif).



in News
mahyuddin 1 May, 2024