Gelar Pengabdian Peningkatan Kompetensi Guru, Tim Fakultas Tarbiyah IAIN Parepare Usung Pembelajaran Mind Mapping.

21 May, 2023 by
muajizmuallim

Humas IAIN Parepare - Tim Fakultas Tarbiyah melaksanakan Pendampingan Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pembelajaran Mind Mapping di Pondok Pesantren Al-Hidayah Kaduaja, Kec. Gandang Batu Salinan, Kab. Tana Toraja (20/5/2023).

Tim ini, diketuai oleh Ali Rahman, didampingi oleh Nurleli Ramli, Novia Anugrah, Fajriyani, dan Rahmatullah sebagai anggota tim. Menurut Ali Rahman, kegiatan ini bertujuan memberikan pendampingan kepada guru-guru terkait media pembelajaran inovatif, salah satunya mind mapping. Media ini menjadikan proses pembelajaran menjadi student centered, sehingga pembelajaran dapat lebih utuh, detail, dan bermakna.

“Melalui mind mapping, peserta didik dapat memasimalkan seluruh potensi kognitif yang dimiliki yaitu menggabungkan fungsi otak kiri dan otak kanan. Sehingga memudahkan masuknya informasi ke otak,” papar dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam ini.


Syafruddin (Ketua Yayasan Pondok Pesantren) menyambut baik kegiatan pendampingan ini. Ia mengaku, kegiatan ini membuka potensi dan peluang guru-guru dalam pemanfaatan media sesuai bidang studinya.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti pada pendampingan pembuatan mind mapping saja. Mudah-mudahan akan ada kegiatan-kegiatan lain lagi terkait inovasi dalam proses pembelajaran, apakah dari segi model ataupun media pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, peserta didik akan lebih antusias untuk belajar,” ungkap Syafruddin. (mm/)


in News
muajizmuallim 21 May, 2023