IAIN Parepare: Adakan kuliah tamu konsulat Jendral Australia

25 May, 2023 by
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare –  Hari ini (Kamis, 25/5/2023) Unit Pelaksana Teknis Bahasa bersama Internasional Office IAIN Parepare mengadakan kuliah tamu Konsulat Jenderal Australia, yang bertempat di Auditorium IAIN Parepare. Kuliah tamu tersebut dihadiri oleh 2000 orang peserta yang terdiri dari Kepala Diknas Kota Parepare, Kepala DDI Sidrap, Kepala Sekolah se-Kota Parepare, Dosen, Tenaga Pendidik, dan Mahasiswa lingkup IAIN Parepare. 

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan sharing session (Sesi Diskusi) tentang beasiswa luar negeri dengan empat orang pemateri, yang di antaranya Darmianti Razak, M.Mktg Dosen IAIN Parepare yang membahas tentang Beasiswa LPDP, Kurniati Umrah, M.AppSC (ME) Hons Dosen UNHAS yang membahas tentang Beasiswa Australian Award Scholarship, Fivi Elvira, M.A Dosen IAIN Parepare dengan topik pembahasan Beasiswa Monbugakusho & Jasso, dan Fatjri Nur Tajuddin, M.A Dosen IAIN Parepare tentang Beasiswa Indonesia Bangkit. 

"Memiliki kesempatan meraih beasiswa tidaklah mudah. Mahasiswa harus sungguh-sungguh menyiapkan waktu khusus untuk belajar, terutama belajar bahasa," tutur Kurniati.


Pada pembukaan kuliah tamu, Rektor IAIN Parepare menyampaikan sambutan hangatnya kepada Konsulat Jenderal Australia. "Selamat datang kepada ibu Bronwyn Robbins, Mr Alex dan stafnya ke IAIN Parepare. Kegiatan kuliah tamu ini bertujuan menjalin kerja sama dengan Konjen Australia, dan berharap Mahasiswa IAIN Parepare bisa melanjutkan studi ke Australia. Semoga kerja sama ini menjadi pintu gerbang yang amat lebar untuk mahasiswa dan seluruh civitas akademika," sampai Hannani.


Kuliah tamu yang dibawakan oleh Bronwyn Robbins Konsulat Jendral Australia di Makassar bertopik “Opportunity for Engagement in the Australia – Indonesia Relationship in South Sulawesi”. Sulawesi selatan memiliki peranan yang penting dalam kerja sama antara Indonesia dan Australia. Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) adalah perjanjian kerja sama antara Indonesia dan Australia, dengan kegiatan diantaranya Better Integrated Markets, Grater Market Access for Indonesia-Australia Business, dan Skill for Recovery.

Pada kuliah tamu tersebut juga menyampaikan terdapat program yang disebut Australian Awards di Indonesia yang menawarkan kesempatan beasiswa bagi mahasiswa yang berniat menempuh studi S2, atau S3 di Australia. Terdapat pula Short Course untuk Pengembangan Profesi, Pertukaran Pelajar Indonesia-Australia, Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP), Australian Volunteer, dan Australian Aid," ucap Bronwyn Robbins. (aw/Srh)

 

in News
ameliawulandari 25 May, 2023