Ini Prestasi Wiwin, Sang Inspirator Debat IAIN Parepare

6 May, 2024 by
Irmawati

Humas IAIN Parepare -- Nama Wiwin, alumni IAIN Parepare kembali mencuat di kancah debat nasional. Di bawah bimbingannya kali ini, tim debat IAIN Parepare berhasil melaju ke babak final 8 besar pada salah satu Lomba Debat Hukum Nasional di Pulau Jawa. 


Ini bukan prestasi pertama Wiwin sang inspirator debat. Sejak tahun 2019, tim debat binaannya selalu berhasil meraih juara dalam berbagai kompetisi debat bergengsi di tingkat nasional. Prestasi gemilang ini tak lepas dari dedikasi dan ketelatenannya dalam membimbing para mahasiswanya.


Wiwin adalah alumni Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare angkatan 2016. Ia juga telah menyandang gelar magister dari Pascasarjana IAIN Parepare.


Ketertarikannya pada dunia debat dimulai sejak SMA dan dikembangkan pada masa perkuliahan. Ia aktif mengikuti berbagai perlombaan debat dan berhasil meraih berbagai prestasi.


Pengalamannya ini kemudian ia tularkan kepada adik-adiknya di IAIN Parepare dengan bergabung pada komunitas debat Student Debate Forum (Stadium) sejak tahun 2018.


“Saya baru bergabung di STADIUM setelah diminta oleh pendamping debat yaitu Pak Ali Rusdi (Wakil Rektor III IAIN Parepare saat ini), Kak Umay (Dosen IAIN Parepare) dan Kak Irex (Staf Administrasi),” ungkap Wiwin


Wiwin mengatakan, ketiga orang itulah yang merupakan tokoh besar dalam perjalanannya sebagai debater dengan satu kalimat yang masih tercamkan dipikirannya. "Saat itu mereka berkata lewat Stadium ini kita bisa belajar lebih dalam dan bisa meningkatkan kualitas Mahasiswa STAIN Parepare lewat jalur debat,” katanya.


Di bawah bimbingan Wiwin, Stadium menjelma menjadi komunitas debat yang disegani. Tak lepas dari itu, kunci sukses Wiwin dalam membimbing tim debat adalah dengan menerapkan “Teori Trisula Debat” terdiri atas 3M (Matter, Method, dan Manner), 3 Ika (logika, retorika, dan etika), dan 3G (God, God, dan God).  


Salah satu hal yang menjadi motivasi terbesarnya untuk menekuni dunia debat ialah amanah dari seorang Ustadz Budiman, Direktur Ma’had Al-Jami’ah saat ini. "Beliau pernah berpesan, kalian harus menjadi pondasi untuk rumah debat yang akan kita bangun di STAIN Parepare kala itu, dan semoga kalian nanti bisa membangun dinding, atap, dan komponen-komponen lain di rumah debat,” katanya.


Petuah ini menjadi motivasi bagi Wiwin untuk terus membimbing adik-adik mahasiswa, agar rumah debat Stadium itu bisa menjadi paripurna. 


"Saya selalu menekankan kepada anak didik saya untuk tidak hanya fokus pada kemenangan, tetapi juga pada proses belajar dan pengembangan diri," tutur Wiwin.


Berikut adalah beberapa prestasi gemilang tim debat Stadium binaan Wiwin:


-Juara 1 Lomba Debat Hukum Tingkat Nasional GPHS Piala MPR-RI di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2020

-Juara 1 Lomba Debat Hukum Jawara Debate Competition IV Tingkat Nasional di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten tahun 2021

-Juara 1 Kompetisi Debat Hukum Nasional Sam Ratulangi Law Fair Dies Natalis Fakultas Hukum Ke-64 di Universitas Sam Ratulangi Tahun 2022

-Juara 1 Lomba Debat Konstitusi Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) Antar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam II di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2023


Kisah inspiratif Wiwin tak hanya memotivasi para mahasiswanya, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak orang. Ia telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan kreativitas, kita dapat meraih mimpi dan memberikan kontribusi yang berarti bagi bangsa dan negara.


"Saya harap prestasi ini dapat memotivasi generasi muda untuk terus belajar dan mengembangkan diri," ujar Wiwin. (irm/alf)

in News
Irmawati 6 May, 2024