Jadi Role Model Perpustakaan, Perpustakaan IAIN Parepare Terima Kunjungan Study Tour UPTD SMP 9 Parepare

30 September, 2022 by
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Kepala Perpustakaan IAIN Parepare terima kunjungan study tour dari rombongan UPTD SMP Negeri 9 Parepare, Kamis (29/9/2022). Pukul 11.00 WITA, terlihat beberapa orang berseragam hitam putih berkunjung ke Perpustakaan IAIN Parepare. 

Mereka adalah rombongan study tour dari UPTD SMP Negeri 9 Parepare. Rombongan UPTD SMP Negeri 9 Parepare tersebut terdiri dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum H. Hasdir Subroto, S.Pd., M.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Fitriani Hs, S.E., Kepala Perpustakaan Jumrah, S.Pd., 1 pengelola perpustakaan, 2 orang guru, dan 15 siswa (pengurus osis). Rombongan diterima  oleh Sirajuddin, S.Pd., S.I.P., M.Pd. selaku kepala perpustakaan di ruangannya.

“Kami berterima kasih kepada rombongan  SMP Negeri 9 Kota Parepare dan terkhusus kepada Bapak, Ibu yang telah meluangkan waktu untuk datang ke perpustakaan kami. Kami mengucapkan selamat datang di Perpustakaan IAIN Parepare,” ungkap Kepala Perpustakaan IAIN Parepare mengawali sambutannya.

Pada kesempatan tersebut Sirajuddin juga memaparkan kondisi perpustakaan IAIN Parepare, mulai dari jumlah lantai hingga layanan yang digunakan.

“Sebelum kita berkeliling melihat perpustakaan ini, saya perlu memberikan gambaran terlebih dahulu. Jadi, perpustakaan ini terdiri dari 5 lantai. Namun, yang digunakan untuk layanan pemustaka hanya hingga lantai 4. Lantai  4 digunakan sebagai tempat khusus untuk pencarian referensi perpustakaan secara online, di sana ada kurang lebih 120 komputer yang boleh diakses mahasiswa. Sementara itu, lantai 3 digunakan untuk layanan skripsi dan referensi seperti  kitab yang dalam hal ini tidak untuk dipinjamkan ke pemustaka. Pemustaka hanya bisa membaca di tempat. Selanjutnya, di lantai 2 ada ruang sirkulasi atau disebut koleksi umum. Kalau di sini, referensi boleh dipinjamkan. Kemudian lantai 1 digunakan untuk pelayanan informasi  peminjaman dan pengembalian koleksi perpustakaan. Saat ini, di lantai 1 sedang dibuat ruangan internasional office,” papar Sirajuddin.


Pada kesempatan tersebut, Sirajuddin juga menjelaskan  bahwa Perpustakaan IAIN Parepare dapat dikunjungi oleh siapa saja, dan setiap orang bisa menjadi anggota perpustakaan IAIN Parepare.

“Selain itu, di perpustakaan kami ada beberapa layanan digital yang bisa diakses melalui android seperti opac dan repository,”ungkap Sirajuddin sambil menjelaskan karakteristik layanan tersebut.

Setelah memberikan penjelasan Sirajuddin segera mengajak rombongan untuk melihat-lihat perpustakaan. Lantai pertama yang dikunjungi adalah lantai 3. Para guru dan siswa langsung takjub, beberapa dari mereka pun melakukan swafoto daan foto bersama. Pada kesempatan tersebut, Sirajuddin pun menjelaskan terkait koleksi-koleksi yang terdapat di lantai 3.

Ia juga mengajak rombongan UPTD SMP 9 Parepare memasuki ruangan multimedia.  Rombongan disambut hangat oleh Azaliatulhidayah (pengelola perpustakaan) yang sedang mengimput data-data skripsi mahasiswa. Setelah dari ruangan multimedia, rombongan diajak untuk ke ruangan koleksi skripsi, di ruangan tersebut rombongan disambut oleh Musdalifah (pengelola perpustakaan) yang sedang memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Sirajuddin juga memperlihatkan koleksi kitab yang dimiliki perpustakaan IAIN Parepare, termasuk kitab yang dihibahkan oleh dosen IAIN Parepare.

Setelah dari lantai 3, rombongan menuju lantai 2 sebagai ruang sirkulasi (koleksi umum). Lantai 2 tampak begitu ramai dikunjungi oleh pemustaka, meskipun begitu ruangan tetap senyap  karena pemustaka serius membaca.

“Di sini Pemustaka bisa mengakses langsung buku di rak. Setiap rak ada kodenya masing-masing untuk memudahkan pemustaka mencari buku,” ungkap Sirajuddin.

Rombongan pun berkeliling untuk melihat koleksi buku di ruangan tersebut. Kurang lebih 1 jam melakukan kunjungan, rombongan SMP 9 Parepare, pun meminta izin untuk pulang dan berterima kasih atas sambutan hangat kepala perpustakaan.

“Terima kasih, Pak telah mengizinkan kami untuk bekeliling di perpustakan ini. Kami belajar banyak hal. Semoga ke depan, kami bisa mengaplikasikan hal tersebut di perpustakaan kami,” ungkap Fitriani Hs, S.E. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. (Srj/Tin)


in News
Nur Aeni K 30 September, 2022