Jalin Kerja Sama, UPT. Bahasa IAIN Parepare dan Golden Gate Education Makassar Adakan Simulasi Tes IELTS

2 March, 2023 by
Ahmad Zuhudy Bahtiar

Humas IAIN Parepare- International English Language System (IELTS) merupakan salah satu persyaratan wajib untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Sebagai cabang penyelenggara IELTS dari British Council di Sulawesi Selatan, Golden Gate Education Makassar mengadakan sosialisasi terkait pelaksanaan Tes IELTS disertai Simulasi IELTS berbasis kertas yang disebut pula Paper Based Test (PBT).

Kesamaan tujuan antar lembaga guna memaksimalkan peran di dalam meningkatkan pendidikan bangsa demi kemajuan, pengembangan bahasa yang mendukung pembangunan nasional, serta menyiapkan generasi dalam persaingan global, dan internasional menjadi alasan UPT. Bahasa mengambil Langkah awal dengan melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Golden Gate Education Makassar. MoU tersebut berlangsung pada hari Rabu (1/2/2023) di Auditorium IAIN Parepare, tepatnya sebelum simulasi IELTS di laksanakan. Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Hj. Nurhamdah, M.Pd. sebagai Kepala UPT. Bahasa IAIN Parepare dan Andi Aksa Marian, M.Sc TESOL selaku Direktur golden Gate Education Makassar.

Terdapat beberapa aktivitas yang akan terlaksana dengan adanya MoU ini, di antaranya melakukan pengembangan bahasa, kerja sama pelaksanaan tes IELTS CBT (Computer Based Test), serta konsultasi Pendidikan bagi Dosen dan Mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri. “MoU ini merupakan Langkah awal bagi kami untuk menjadi registration centre partnership program yang dipersyaratkan dari British Council Jakarta”, tutur Nurhamdah.

Setelah MoU antara UPT. Bahasa dan Golden Gate usai dilaksanakan, kegiatan berlanjut pada simulasi IELTS Paper Based Test, yang berlangsung di perpustakaan IAIN Parepare lantai 4. Simulasi ini diikuti oleh para Dosen, Tenaga Kependidikan, serta Masyarakat Umum, dengan total 25 orang peserta. Sebelum tes dilaksanakan Pihak Golden Gate Education memberikan beberapa penjelasan berupa pengenalan tes IELTS, hal yang boleh dilakukan dan dan tidak boleh dilakukan selama tes, tips dan trik pengerjaan tes IELTS, serta motivasi untuk membangun semangat para peserta simulasi. Pihak Golden Gate juga memberikan beberapa souvenir bagi peserta yang memberikan pertanyaan, dan yang mampu menjawab pertanyaan Tim Simulasi IELTS dari Golden Gate.

Pada simulasi tersebut membahas karakteristik soal Tes IELTS, seperti jenis soal yang terdiri atas dua yaitu IELTS Paper Based (Tes Berbasis Kertas) dan IELTS Computer Based Test (Tes Berbasis Komputer). Adapun keterampilan berbahasa yang diujikan dalam tes IELTS yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Tetapi dalam pelaksanaan simulasi ini, pihak Golden Gate hanya memberikan tes mendengarkan (listening), dan membaca (reading) yang terdiri dari 40 soal pada setiap jenisnya kepada peserta.

Pihak golden gate juga memberikan layanan gratis seperti konsultasi studi, pencarian sekolah, pendaftaran sekolah, pencarian akomodasi, penerjemahan dokumen studi, pengurusan visa pelajar dan turis, serta pameran pendidikan luar negeri. “Bagi peserta yang ingin mencoba simulasi Tes IELTS Computer Based Test secara gratis, silahkan datang ke kantor kami di Makassar” tutup Andi Aksa. (aw/Sr)

in News
Ahmad Zuhudy Bahtiar 2 March, 2023