Ketua Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Ikuti Rakernas Iqlab Indonesia

30 April, 2024 by
saidinhamzah

Humas IAIN Parepare--Ketua Prodi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Parepare menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (rakernas) yang diadakan oleh  Ittihad Aqsam Al-Lughah Al-Arabiyah wa ‘Adabiha (Iqlab) Indonesia, Senin—Selasa (29—30/04/2024) 


Rakernas ini dihadiri oleh para pengurus pusat  dan 24 pimpinan Program Studi Bahasa Arab se-Indonesia ( Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)


Saat pembukaan, Endang Rochmiatun selaku Dekan Fakultas Humaniora (Fahum) UIN Raden Fatah Palembang, menyampaikan terima kasih karena Fakultas Humaniora UIN Raden Fatah Palembang dipercaya sebagai tuan rumah kegiatan Rakernas Iqlab Indonesia. Ia menekankan pentingnya peran asosiasi dalam memperkuat dan mengembangkan kualitas Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, khususnya dalam aspek profil dan kurikulum.


"Hal ini juga penting untuk peningkatan rekognisi bagi dosen dan mahasiswa di tingkat nasional maupun internasional, "lanjut Dekan Fahum tersebut.


Uki Sukiman (Ketua Iqlab) menyampaikan terima kasih kepada tuan rumah dan menekankan pentingnya asosiasi seperti Iqlab bagi program studi, khususnya dalam bidang bahasa dan sastra Arab, sebagai sebuah mitra strategis dalam menguatkan kurikulum dan meningkatkan kualitas pembelajaran.


Sukiman melanjutkan asosiasi berperan sangat vital dalam memfasilitasi pertukaran ilmu dan pengalaman antara para akademisi, sehingga dapat memperkaya wawasan dan kompetensi mereka. "Kemitraan ini, tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran dan penelitian, tetapi juga pada pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Arab yang lebih inovatif dan adaptif terhadap perubahan zaman, "ujarnya.


Sementara itu, Siti Fauziah Kaprodi BSA menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan rakernas tersebut. "Semoga dengan adanya rakernas yang diadakan oleh Iqlab ini, silaturahmi dan sinergisitas antara masing masing Program Studi Bahasa dan Sastra Arab se-Indonesia senantiasa tetap berlanjut dan terjaga,"ucapnya. (shz/Tin  )


in News
saidinhamzah 30 April, 2024