Sarana Sosialisai, UPT Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare Helat Festival Budaya

4 March, 2023 by
Hayana

Humas IAIN Parepare--Ma’had Al-Jami’ah Menyelenggarakan Festival Budaya Bugis dan Timur Tengah, Rabu (1/3/2023) di Auditorium IAIN Parepare. Festival Budaya Bugis dihadiri oleh Rektor IAIN Parepare, civitas academica, volunter dari Mesir (Amira Ezzat Mahrous Abdalrahman dan Norhan Farouk Abdelwahab), santri pesantren dan siswa MAN se-ajatappareng. Kegiatan yang diketuai oleh H. Aksa Muhammad Nawawi, Lc., M.Hum. dan sekretaris Rahmawati, S,Pd.I. berlangsung selama 1 hari. 

Dr. Hannani, M.Ag. (Rektor IAIN Parepare) dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. “Saya senang acara ini dilaksanakan. Selain sebagai media sosialisasi atau memperkenalkan kampus IAIN Parepare ke santri, kegiatan ini juga sebagai wadah bagi santri untuk mengekspresikan bakat mereka,” ujar rektor.

Kegiatan yang ditampilkan pada acara Festival Bugis dan Timur Tengah tersebut adalah permainan alat musik tradisional, puisi Bugis, lagu Bugis, qasidah, dan hadrah. Perwakilan dari pesantren bisa memilih maksimal 2 jenis penampilan dengan durasi penampilan maksimal 12 menit perpenampilan. Masing-masing pesantren mengutus maksimal 20 santri kelas 11 dan atau 12.

Budiman, M.H.I. (Kepala UPT Ma’had Al-Jami’ah) menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu yang datang. “Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar, walaupun ada beberapa kendala yang kami hadapi. Terima kasih juga kepada seluruh tamu yang sudah hadir pada kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi wadah silaturahim antara IAIN Parepare dengan pesantren dan madrasah aliyah se-Sulawesi Selatan,” tutur Budiman.

Sebagai bentuk apresiasi Ma’had Al-Jami’ah menyerahkan piagam penghargaan bagi pesantren dan madrasah aliyah yang sudah hadir dan ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut. (Rh/Tin)

in News
Hayana 4 March, 2023