UPT Bahasa IAIN Parepare Berpartisipasi dalam Rapat Kerja KPB Se-Indonesia

3 May, 2024 by
ameliawulandari

Humas IAIN Parepare – Konsorsium Pusat Bahasa rutin melaksanakan rapat kerja setiap tahun, dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) se-Indonesia.

Raker kali ini dilaksanakan di Hotel Senyiur Samarinda yang terletak di Jl. Pangeran Diponegoro No.17-19, Pelabuhan, Kec. Samarinda, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan ini terlaksana pada tanggal 30 April hingga 3 Mei 2024.

Rapat kerja tersebut dihadiri oleh perwakilan Kepala UPT Bahasa dari seluruh PTKIN di Indonesia, dengan pembahasan tiga program kerja. Diantaranya standarisasi TOEFL dan TOAFL Prediksi, dalam program kerja yang telah dimulai sejak raker terakhir pada September 2023 lalu yang baru terselesaikan sebanyak 80%. “Saya berharap para Tim Bahasa Inggris dan Tim Bahasa Arab dapat segera menyelesaikan paket soal menjadi 100% penyelesaiannya, karena paket soal TOEFL dan TOAFL Prediksi ini akan digunakan secara seragam untuk seluruh PTKIN di Indonesia”. Sampai Prof.Dr.H.M.Abdul Hamid, M.A Ketua KPB PTKIN.


Program kedua dari raker ini berfokus pada penerjemahan dokumen penting bagi mahasiswa PTKIN, yaitu ijazah dan transkrip nilai. Dokumen-dokumen ini akan diterjemahkan ke dalam tiga bahasa yaitu bahasa Indonesia, bahasa Arab, dan bahasa Inggris. Bentuk tindak lanjut dari program ini adalah tersusunnya tim kerja penerjemah, dengan syarat hasil dari transkrip dan ijazah ini harus dikeluarkan oleh KPB, begitupun dengan dokumen legalisasi yang harus disertai dengan stempel KPB.

Pembahasan ketiga atau terakhir terkait dengan pemetaan potensi dalam bentuk pelatihan bahasa Arab dan Inggris Guru Madrasah, Mahasiswa dan Dosen. Program ini  merupakan salah satu kegiatan baru KPB PTKIN. “Diharapkan seluruh PTKIN se-Indonesia bisa menjemput bola di Kemenag atau di Kanwil, untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Bahasa Arab dan Inggris bagi Guru-Guru Madrasah,” sampai Kepala KPB.


UPT Bahasa IAIN Parepare menunjukkan Langkah lebih depan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab dan Inggris bagi dosen dan mahasiswanya. Bahkan, sebelum program resmi dari KPB PTKIN terbentuk, IAIN Parepare telah menjalankan program serupa melalui UPT Bahasa. “UPT Bahasa IAIN Parepare memiliki program kerja yang terfokus pada peningkatan kemampuan bahasa para sivitas akademika. Program tersebut meliputi Intensifikasi TOEFL TOAFL, dan IELTS preparation bagi Dosen, Tendik dan Mahasiswa.” Tutup Nurhamdah. (Aw)


in News
ameliawulandari 3 May, 2024