Ajak Study Tour Dua Pengajar Asing, Tim UPT Bahasa Disambut IAKN Toraja

26 Januari, 2023 oleh
khaerunnisaihwan

Ajak Study Tour Dua Pengajar Asing, Tim UPT Bahasa Disambut IAKN Toraja

Humas IAIN Parepare- Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa dan tim melakukan perjalanan wisata bersama sukarelawan tenaga asing IAIN Parepare, Amira dan Norhan, ke Tana Toraja pada, Sabtu-Minggu (20-21/01/2023)

StudyTour tersebut diawali dengan memenuhi undangan Wakil Rektor I Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, Ismail Banne Ringgi yang tertarik dengan program-program kerja UPT Bahasa IAIN Parepare. Setelah tiba, tim dan pihak IAKN Toraja melakukan diskusi ringan di kampus mereka.

Beberapa poin penting dalam diskusi tersebut terkait pengelolaan UPT Bahasa, pembentukan International office, dan langkah yang harus ditempuh agar bisa dikunjungi sukarelawan asing seperti di IAIN Parepare. Pada kesempatan tersebut turut hadir Rektor IAKN Toraja, Joni Tapingku, hal ini menjadi kejutan bagi Tim UPT Bahasa IAIN Parepare.

Surprise karena undangan kunjungan ini dari Wakil Rektor I, jadi kami tidak menyangka akan disambut juga oleh rektor,” ungkapan rasa senang Nurhamdah, Kepala UPT Bahasa IAIN Parepare.

Setelah kunjungan tersebut, perjalanan tim dilanjutkan ke Lolai, negeri di atas awan. Di hari berikutnya, Ismail Banne Ringgi datang ke penginapan dan mengajak tim mengunjungi lokasi pemandangan yang sangat indah, persawahan bertingkat seperti di Ubud-bali, dan tempat di mana banyak bebatuan berserakan dengan kisah mitologi yang menyelimuti, situs megalit Bori Kalimbuang.

“Senang sekali Warek I sendiri mengantar berkeliling ke spot-spot wisata yang belum terjamah wisatawan pada umumnya,” terang Nurhamdah.

Di sela perjalanan, diskusi ringan kembali berlangsung tentang peluang mahasiswa mengikuti program-program Mobility Students dan studi lanjut ke luar negeri, serta peluang ketertarikan tenaga asing dalam literasi dan budaya lokal.

Di akhir perjalanan, IAKN Toraja menyampaikan rencana melakukan kunjungan balik ke IAIN Parepare untuk membahas lebih lanjut mengenai kurikulum pengenalan Khasanah budaya lokal karena geografis IAIN Parepare yang identik dengan suku Bugis dan IAKN Toraja dengan budaya Toraja.

Konfirmasi rencana kunjungan balasan tersebut kemudian disampaikan oleh Ismail Banne lewat pesan WhatsApp sepekan kemudian. “Kamis, 2 Februari 2023, kami (IAKN Toraja) berencana jalan-jalan ke sana (IAIN Parepare). Terima kasih,” tulisnya. (nrh/mif)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 26 Januari, 2023