Asesmen Lapangan Prodi Tadris IPS, Salah Satu Prodi Kebanggaan

28 April, 2021 oleh
webadmin1


IAIN Parepare– Program studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS) menjalani asesmen lapangan (visitasi) secara virtual untuk akreditasi program studi. Penyelenggaraan asesmen lapangan dipusatkan di gedung zona akreditasi, Rabu – Kamis (28-29/04/2021).

Rektor IAIN Parepare Ahmad Sultra Rustan menghadiri sekaligus membuka dan memberikan arahan pada acara pembukaan. Seluruh elemen kampus turut hadir baik secara online maupun offline. Mulai dari para Wakil Rektor, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Dekan dan Para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris LPM, Ketua dan Sekretaris LP2M dan sejumlah pejabat lainnya.


Seluruh unsur Fakultas Tarbiyah yang menaungi program studi Tadris IPS selaku prodi yang diasesmen hadir secara lengkap. Dekan, para Wakil Dekan, Kabag TU, Kasubag AKA, dan para Ketua Program Studi dalam lingkup Fakultas Tarbiyah sudah hadir sebelum acara dimulai.


Para ketua prodi mengikuti asesmen lapangan yang akan berlangsung selama 2 hari, yaitu 28-29 April 2021.

Ahmad Sultra Rustan dalam sambutannya menyampaikan progres pengembangan program studi TIPS kepada tim asesor. “Tadris IPS termasuk program studi baru yang belum memiliki alumni dan masih mencari pengalaman dalam proses asesmen. Program studi ini mulai menerima mahasiswa pada tahun akademik 2017-2018 seiring dengan perubahan bentuk STAIN Parepare menjadi IAIN Parepare pada tahun yang sama,” papar Rektor.

Ahmad Sultra juga menyampaikan bahwa Tadris IPS merupakan salah satu prodi kebanggaan IAIN Parepare yang pada saat ini dalam tahapan awal orientasi pengembangan transformasi menjadi Universitas Sains Islam.

“Alhamdulillah meski terbilang baru, Tadris IPS ini termasuk program studi yang peminatnya cukup tinggi. Setiap penerimaan mahasiswa baru, kuota yang kami sediakan selalu melampaui target jumlah pendaftar sehingga menjadi salah satu program studi kebanggan IAIN Parepare yang akan mentransformasi menjadi Universitas Sains Islam,” ungkapnya.


“Kami sangat berharap asesmen lapangan ini berjalan lancar dan memperoleh hasil terbaik,” ujar Rektor dengan penuh harap.

Merespons sambutan Rektor, Tim Asesor BAN PT yang terdiri dari dua orang, yaitu Dr. Deny Setiawan, M. Si. dan Prof. Dr. Erwin, M.Si. memberikan apresiasi yang baik atas sambutan Rektor ketika keduanya memberikan sambutan pengenalan asesor yang bertugas.

Deny Setiawan yang bertindak sebagai koordinator tim pada sesi itu, mengenalkan tim asesor, legal standingnya, tugas asesor sekaligus memberikan arahan teknis kepada pihak yang menjalani asesmen, termasuk menyampaikan standar kode etik yang harus dipedomani selama proses asesmen berjalan, baik bagi tim asesor mau pun pihak yang menjalani asesmen.

“Dalam asesmen lapangan ini, kami akan melakukan verifikasi dengan mengecek dokumen LKPS dan LED dan melakukan wawancara yang tujuannya agar potret yang telah dihasilkan betul-betul real dan nyata sesuai kondisi di lapangan. Untuk itu, diharapkan kerjasamanya dalam memberikan penjelasan yang sebenarnya agar proses asesmen ini dapat berjalan lancar sesuai agenda waktu yang telah direncanakan,” jelas Deny Setiawan di akhir sambutan. (Aras/Mif)

di dalam Berita
webadmin1 28 April, 2021