Asesmen Lapangan Prodi Tadris Matematika, Ini Kata Dekan Fakultas Tarbiyah

6 Februari, 2021 oleh
webadmin1

IAIN Parepare – Tim asessor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan Asesmen Lapangan pada Prodi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Parepare, Jumat-Sabtu (5/6-02-2021).

Tim asessor terdiri dari ketua, Prof. Dr. Agus Suryanto, M. Sc. dari Universitas Brawijaya, bersama anggota, Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M. Si. dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim asessor melakukan asesmen Lapangan secara online via zoom sementara para tim akreditasi standby di gedung Zona Akreditasi IAIN Parepare. Asesmen ini dilakukan untuk menunjukkan data-data di LKPS dan LED yang sebelumnya telah diajukan untuk peningkatan akreditasi program studi.


Kegiatan asesmen dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Saepudin yang disaksikan secara offline maupun online oleh Rektor, para wakil Rektor dan jajaran pejabat dari fakultas dan unit-unit di IAIN Parepare.

Dr. Saepudin dalam sambutannya menjelaskan sekilas sejarah IAIN Parepare. “Sebelumnya kami adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare, tahun 2018 kami bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri Parepare. Cikal bakal Institut Agama Islam Negeri Parepare ini adalah kelas jauh dari Institut Agama Islam Negeri Alauddin yang berdiri sejak tahun 1967 dan perubahan bentuk menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Parepare itu pada tahun 1997,” ungkapnya.

Saepudin juga mengungkapkan akreditasi institusi yang dimiliki IAIN Parepare adalah B dan IAIN Parepare memiliki visi Akulturasi Budaya dan Islam.

“Untuk mencapai tujuan, kami memiliki tagline malebbi warekkadanna male’bi ampena yang artinya santun dalam bertutur dan sopan dalam berperilaku,” ucapnya.

Saepudin berharap agar tim asessor dapat memberikan bimbingan, arahan, dan masukan-masukan untuk pengembangan IAIN Parepare yang lebih baik lagi khususnya prodi Tadris Matematika yang merupakan prodi yang baru di IAIN Parepare, serta asesmen prodi Tadris Matematika dapat memperoleh nilai yang lebih baik sesuai kinerja dari Tim Akreditasi Prodi Tadris Matematika.

Sementara itu, ketua Tim Asessor Prof. Dr. Agus Suryanto, M. Sc. mengungkapkan bahwa kedatangan kami disini bukan untuk menilai Bapak/ibu sekalian tetapi hanya untuk meminta bukti-bukti yang telah disebutkan di LKPS dan LED yang telah di submit sebelumnya.

“ Kami ingin mendapatkan informasi terkait rencana pengembangan UPPS, tata pamong, sistem pengelolaan, rencana pengembangan program studi, konfirmasi data LKLS dan LED, pengecekan dokumen pendukung dan peninjauan lapangan,” ucap Prof Agus via zoom meeting.


Prof Agus juga mengungkapkan nilai akreditasi akan ditetapkan oleh Dewan Eksekutif BAN-PT.
“Selama 2 hari ini kami ingin bapak atau ibu menyampaikan dengan gamblang kinerja-kinerja akademik yang telah dicapai. Kami berharap bisa memotret Program Studi Tadris matematika menjadi lebih jelas, lebih clear sehingga pada akhirnyalah BAN PT yang akan menetapkan,” jelasnya.(aras/mif)

di dalam Berita
webadmin1 6 Februari, 2021