Beri Sambutan Pembukaan Kuliah, Rektor Bahas Budaya Lokal “Siri' na Pacce”

5 September, 2022 oleh
Nur Aeni K

Humas IAIN Parepare- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare gelar Rapat Pimpinan dan Pembukaan Kuliah semester gasal tahun akademik 2022/2023 di Gedung Auditorium, Senin (05/08/2022).

Rektor IAIN Parepare Dr. Hannani, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada dua dosen pembawa orasi ilmiah, yaitu Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Dr. A. Nurkidam, M.Hum., dengan judul orasi “ Kontingensi Kepemimpinan Sosial Politik Islam di Kerajaan Balanipa Sulawesi Barat ” dan Dr. Andi Bahri S, M.E.,M.Fil.I dengan judul orasi “ Melestarikan Kearifan Lokal untuk Memperkuat Ekonomi Lokal ”.

Hannani mengulas kembali terkait visi misi IAIN Parepare sebagai Pusat Akulturasi Budaya dan Islam dalam membangun masyarakat yang religius, moderat, inovatif, dan unggul. Alasan IAIN Parepare mengusung akulturasi budaya karena pada generasi saat ini, budaya-budaya lokal sudah mengalami marginalisasi atau dipinggirkan. “Kita sudah mulai terpengaruh dengan budaya yang bukan berasal dari produk asli nenek moyang kita,” jelasnya.
Hannani juga menjelaskan bahwa masyakarat Sulawesi Selatan bisa bertahan di mana saja, karena memegang prinsip budaya lokal. “Modal utama mereka merantau ke daerah lain dan bisa sukses di perantauan karena memegang teguh budayanya, yaitu siri’ na pacce . Ketika terlanjur meninggalkan kampung halaman maka mereka tidak akan kembali sebelum berhasil,” jelas Hannani.


Oleh karena itu, rektor memotivasi mahasiswa IAIN Parepare yang telah meninggalkan kampung halaman harus sukses. “Jangan pulang sebelum berhasil!” seru rektor di hadapan seluruh mahasiswa yang hadir.

“Berpegang teguhlah pada salah satu sifat yang dimiliki oleh orang terdahulu dengan memiliki keluhuran akhlak,” tuturnya. “Kalau ini dipelihara oleh mahasiswa kita, maka saya kira keinginan kita untuk menjadi mahasiswa yang unggul insyallah akan kita raih,” ungkap rektor.

Sebelum menutup sambutannya, Hannani kemudian meresmikan pedoman perlindungan dan penanggulangan kekerasan seksual, Logo Halal Center IAIN Parepare, Logo MBKM IAIN Parepare, Logo Career Development Center (CDC) dan aplikasi KPM IAIN Parepare.

Sebelumnya, telah dilakukan Penyerahan Sertifikat Dosen Berprestasi dalam Bidang Publikasi SINTA kepada M. Ali rusdi, Muhammad majdy, Islamul Haq, Muhammad haramain, dan Abdul Khalik serta Penyerahan Penghargaan Mahasiswa Berprestasi Akademik dan Non Akademik. Hadir pada Pembukaan Kuliah, Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, Dosen, Staf Administrasi dan Mahasiswa. (Aen/Mif)

di dalam Berita
Nur Aeni K 5 September, 2022