Bertemu di Batam, Forum Warek III Bahas Revisi Pedoman Ormawa dan PBAK

14 Oktober, 2022 oleh
khaerunnisaihwan

Bertemu di Batam, Forum Warek III Bahas Revisi Pedoman Ormawa dan PBAK

Humas IAIN Parepare — Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Parepare, Dr. Muhammad Kamal Zubair, M.Ag., sedang mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Wakil Rektor III PTKIN se- Indonesia yang berlangsung selama 3 hari (Rabu-Jumat, 12-14 Oktober 2022) di Kota Batam provinsi Kepulauan Riau.

Rakor yang dihadiri para Wakil Rektor III se- Indonesia ini mengagendakan pembahasan revisi pedoman Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Pengenalan Budaya Akademik dan Mahasiswa (PBAK) PTKIN. Perubahan pedoman tersebut merupakan keniscayaan untuk menjawab tantangan zaman.

Hal tersebut dikemukakan oleh Plt. Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), Dr. Imam Syafi’i, M.Ag., pada saat memberikan sambutan pada pembukaan acara tersebut. “Kita harus merespons perkembangan kekinian dan setiap regulasi itu tentu harus adaptif dengan perubahan-perubahan yang ada dan itu adalah sebuah keniscayaan”, paparnya.

“Pada era dan iklim demokrasi hari ini yang sangat terbuka, kita harus ekstra hati-hati dalam menyusun regulasi dan pedoman pengembangan organisasi kemahasiswaan. Jangan sampai justru regulasi dan pedoman yang dibuat menimbulkan kesan yang represif kampus terhadap kemerdekaan dan kebebasan mahasiswa”, terang Plt. Direktur PTKI.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Subdirektorat Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan, Zulpan Syarif Supriadi Hasibuan, S. Ag., M.Pd. “Revisi regulasi dan pedoman Ormawa dan PBAK diharapkan dapat mengorientasikan kegiatan dan pengembangan potensi mahasiswa yang lebih produktif dan selaras dengan nilai-nilai kebangsaan dan norma budaya dalam masyarakat,” paparnya.

“Kegiatan Ormawa harus bebas dari penyimpangan dan perilaku buruk antara lain seperti pemahaman radikalisme, intoleran, pelecehan seksual, kekerasan fisik dan atau psikis yang dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran bahkan dapat berakhir dengan trauma ataupun korban jiwa,” jelas Kasubdit Sapras dan Kemahasiswaan.

Wakil Rektor III, Muhammad kamal Zubair sangat optimis pembahasan revisi pedoman Ormawa dan PBAK yang akan dibahas Forum Wakil Rektor III PTKIN akan menghasilkan pedoman yang dapat mengakselerasi peran Ormawa dalam meningkatkan kegiatan, bakat dan minat mahasiswa dengan tetap berbasis pada nilai-nilai kebangsaan dan kemasyarakat.

“Semoga saja, pembahasan revisi regulasi dan pedoman Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dapat berjalan lancar, sehingga dapat diterapkan tahun depan. Saya optimis, pembahasan ini akan melahirkan pedoman yang dapat memgakselerasi peran Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang lebih produktif,” katanya saat dikonfirmasi melalui jaringan seluler. (Shm/Tin)


di dalam Berita
khaerunnisaihwan 14 Oktober, 2022