Bupati Enrekang; Alih Status IAIN Parepare Jadi Universitas Tingkatkan Minat Masyarakat Secara Signifikan

8 Agustus, 2023 oleh
Suherman

Humas IAIN Parepare --- Bupati Enrekang, H. Muslimin Bando menyambuat dan memberi apresiasi terhadap usulan perubahan IAIN Parepare menjadi UIN Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle. Menurut Bupati Enrekang 2 periode ini, perubahan IAIN menjadi UIN merupakan gagasan positif dan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk kuliah di kampus ini secara signifikan.

“Saya sebagai pemerintah daerah kabupaten Enrekang memberikan mengapresiasi kepada IAIN Parepare sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri di bawah binaan Kementerian Agama di Ajatappareng termasuk Enrekang. Dimana minat masyarakat di daerah kami cukup tinggi untuk melanjutkan kuliah di kampus tersebut," kata Bupati merespon usulan yang disampaikan Rektor IAIN Parepare.

Tentu, lanjut Bupati, kalau IAIN berubah menjadi universitas otomatis memberi peluang membuka fakultas dan program studi baru secara lebih luas. Hal tersebut, tentu saja akan meningkatkan minat masyarakat. Jika hari ini mahasiswanya masih 7.000 – 8.000 orang, maka yakinlah jika jadi universitas, maka jumlahnya akan bertambah hingga 15.000-20.000 anak-anak kita kuliah di UIN Anregurutta K.H, Abdul Rahman Ambo Dalle.


“Minat masyarakat kita melanjutkan kuliah di universitas cukup tinggi. Selama ini, mereka lebih banyak memilih universitas di kota atau di luar Enrekang dan Ajatappareng. Tetapi dengan adanya Universitas ini, mereka tidak akan jauh-jauh lagi kuliah. Untuk apa jauh kalau sudah ada yang lebih dekat,” kata Bupati memberi rasa optimis.

Pernyataan H. Muslimin Bando di atas, diungkapkan secara langsung ketika menerima kunjungan Rektor IAIN Parepare, Dr. Hannani, M.Ag. di rumah jabatan Bupati Enrekang, Senin (7/8/2023). Dalam pertemuan yang berlangsung penuh keakraban menggambarkan hubungan silaturrahmi yang erat antara Bupati Enrekang,H. Muslimin Mando dengan Rektor, Hannani.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada bapak Bupati yang dengan keramahannya menerima dan mendukung usulan perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Anregurutta K.H. Abdul Rahman Ambo Dalle,” kata Rektor usai menyaksikan penanda tanganan surat dukungan dari Bupati Enrekang.

“Dukungan dari bapak Bupati sangat penting bagi IAIN Parepere, bukan hanya dalam mendorong perubahan bentuk menjadi universitas tetapi juga dalam pengembangan dan kemajuan pendidikan pada masa datang. Kami mendoakan, semoga bapak Bupati diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah,” kata Hannani.


Dalam proposal perubahan bentuk IAIN Parepare menjadi UIN, selain mengajukan nama Anregurutta K. H. Abdul Rahman Ambo Dalle sebagai nama baru, juga diusulkan sejumlah fakultas dan program studi,yaitu Fakultas Sain dan Teknologi dengan program studi  Teknologi Informasi dan program studi Sains Data. Fakultas Seni dan Desain dengan program studi Desain Komunikasi Visual dan program studi Ilmu Seni dan Arsitektur Islam. Program studi Binis Digital pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta program Doktoral (S3).


di dalam Berita
Suherman 8 Agustus, 2023