Bupati Enrekang Berbagi Pengalaman di KKN Teori IAIN Parepare

9 Juli, 2023 oleh
fikruzzamansaleh

Humas IAIN Parepare- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M), Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Teori yang dilaksanakan di Auditorium IAIN Parepare, Kamis-Sabtu (06-08/07/2023). Kegiatan yang diikuti oleh 700 mahasiswa ini dihadiri oleh Bupati Enrekang H. Muslimin Bando, Rektor IAIN Parepare Hannani, Wakil Rektor I Saepuddin, Wakil Rektor 2 Firman, Ketua LP2M M. Ali Rusdi, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Moderasi Beragama dan KKN Reguler.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M Ali Rusdi menyampaikan beberapa hal. Pertama, KKN Teori dilaksanakan berdekatan pemberangkatan KKN agar materi yang disampaikan para narasumber lebih cepat diterapkankan mahasiswa d ilokasi KKN. Selanjutnya, M. Ali Rusdi menyampaikan IAIN Parepare terpilih sebagai tuan rumah KKN Nusantara Moderasi Beragama yang akan dilaksakan di Kabupaten Tana Toraja ."Kami sampaikan bahwa IAIN Parepare ditunjuk sebagai tuan rumah KKN Nusantara Moderasi Beragama yang diikuti 52 perguruan tinggi dimana Tana Toraja dipilih menjadi lokasi KKN Nusantara," ujarnya.


M. Ali Rusdi menambahkan KKN Reguler IAIN Parepare akan dilaksanakan di Kabupaten Erekang. "Untuk KKN Reguler kami memilih Kabupaten Enrekang sebagai lokasi KKN yang nantinya posko akan terbagi di 83 desa dan kelurahan, dukungan dari Bupati Enrekang sangat luar biasa dengan hadiranya mahasiswa yang akan ber-KKN nantinya. Kami harap peserta KKN dapat memberikan manfaat nyata untuk masyarakat," tuturnya.


Bupati Enrekang sebagai salah satu narasumber dalam KKN Teori mengajak mahasiswa untuk memperhatikan pendidikannya dan melanjutkan kuliahnya ke tingkat yang lebih tinggi lagi. "Paradigma pendidikan jaman dulu dan sekarang sangatlah berbeda. Perkembangannya sangat dinamis dan cepat baik karena itu saya mensosialisikan agar warga Enrekang bisa meneruskan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi dan IAIN Parepare bisa menjadi tujuan baik itu S1 maupun S2," ujar H. Muslimin Bando.


Rektor IAIN Parepare mengingatkan KKN merupakan rangkaian dalam proses perkuliahan, dan KKN merupakan saran untuk mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang didapatkan di IAIN Parepare langsung di tengah masyarakat. "KKN harus ada kerja nyata, semua ilmu yang didapatkan di kampus diterapkan langsung di masyarakat melalui KKN, bagaimana mengelola masyarakat, bagaimana mengorganisir masyarakat sehingga bisa melakukan kerja sama. Di setiap kerja sama yang direncanakan hingga masyarakat mendapatkan manfaat dengan kehadiran mahasiswa KKN IAIN Parepare nantinya," tutupnya. (fzs/mif)


di dalam Berita
fikruzzamansaleh 9 Juli, 2023