Cek Kedisiplinan ASN, Kabiro Inspeksi di Hari Pertama Masuk Kantor

17 Mei, 2021 oleh
webadmin1

Humas IAIN Parepare — Hari pertama masuk kantor pasca libur lebaran, Kepala Biro AUAK, Hj. Musyarrafah Amin bersama Koordinator Kepegawaian, Misbahuddin langsung melakukan inspeksi mendadak untuk mengecek kehadiran dan kedisiplinan ASN di seluruh unit kerja dalam lingkup IAIN Parepare, Senin, 17/5/2021.

Kepala Biro mengawali inpeksinya di Fakultas Tarbiyah dengan menyambangi ruangan pimpinan fakultas, ruangan program studi, ruangan pegawai, dan ruangan pelayanan administrasi mahasiswa. Hj. Musyarrafah Amin menemui dan menyapa semua dosen dan pegawai yang hadir.

Demikian halnya saat inspeksi ke fakultas dan unit kerja lainnya. Kepala Biro menelusuri dan memasuki ruangan kerja ASN. Sayangnya, banyak ruangan didapati kosong bahkan terkunci. Koordinator kepegawaian, Misbahuddin yang mendampingi ditugaskan mencatat ASN yang tidak berada di kantor saat jam kerja.

Kepala Biro AUAK, Hj. Musyarrafah Amin saat dimintai tanggapannya menyatakan bahwa inspeksi yang dilakukannya merupakan bentuk tanggung jawab pimpinan terhadap kedisiplinan dan kinerja ASN yang ada di bawahnya. “Seharusnya, sejak Rektor meniadakan Work From Home (WFH), para ASN, baik dosen mau pun tenaga kependidikan sudah harus aktif masuk kantor sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Menurut Kepala Biro, inspeksi atau sidak yang dilakukannya hanyalah bentuk tanggung jawab formil antara atasan dan bawahan. Tetapi yang lebih penting baginya adalah tanggung jawab kepada Allah Swt. “Perkerjaan sebagai ASN adalah amanah yang harus dipertanggung jawabkan. Jika kita lalai terhadap amanah tersebut, maka konsekwesinya akan ditanggung di akhirat kelak,” ungkapnya.

“Oleh karena itu, kita berharap kehidupan kita berkah melalui gaji yang diperoleh dari hasil pekerjaan kita. Sehingga, sangat ironi jika kita menginginkan keberkahan itu, tetapi lalai melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai ASN,” paparnya saat ditemui di ruang kerjanya.

“Selama satu bulan berpuasa, tujuan kita untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta dan membuatkan kita semakin bertaqwa kepada Allah Swt. Untuk itu, semangatnya harus tetap dijaga guna meningkatkan kinerja ASN sebagai pelayan masyarakat. Rekan-rekan pasti sudah sangat paham masalah tersebut, saya hanya mengingatkan saja bahwa bahwa tugas sebagai ASN adalah amanah,” tambahnya.

Terkait inspeksi yang dilakukannya hari ini, hasilnya akan dilaporkan kepada Rektor sebagai bahan evaluasi. Hal tersebut juga terkait dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Menteri Agama RI, BKN dan Kemenpan RB tentang kedisiplinan dan kinerja ASN pasca cuti bersama pasca lebaran.

di dalam Berita
webadmin1 17 Mei, 2021